Jumat, 04 Sep 2020 11:35 WIB

Komentar Revina VT Disebut Body Shaming, Ini Batasannya Menurut Psikolog

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
revina vt Revina VT disebut telah melakukan body shaming. (Foto: dok. Instagram)
Jakarta -

Selebgram Revina VT dihujani kritik setelah cuitannya di Twitter viral. Revina VT dianggap telah melakukan body shaming kepada salah satu pengunjung wanita di pusat kebugaran.

"Lo pernah gak sih liat orang ngegym, terus pede bener pake sport bra+celana pendek yang pantatnya kelihatan separo tapi polusi visual aja buat mata lo. Perih banget," ungkap Revina VT dalam Twitter miliknya.

Apa sih sebenarnya body shaming itu?

Menurut psikolog klinis dari Personal Growth Veronica Adesla, seseorang bisa disebut telah melakukan body shaming jika sudah mempermalukan bentuk tubuh orang lain. Terlebih jika memakai kata-kata yang sifatnya menyinggung.

"Dalam kata-katanya dia apakah ada kemudian kata-kata yang sifatnya mempermalukan? Kalau dilihat di situ ada kata-kata polusi visual, perih banget, keganggu kaya gitu kan berarti sebenarnya sudah masuk kategori mempermalukan tubuh orang lain yang diomongin," kata Vero sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom, Jumat (4/9/2020).

"Kalau sudah memenuhi kategori tersebut ya artinya sudah masuk body shaming," tambahnya.

Vero juga menjelaskan, setiap orang tentu boleh mengemukakan pendapatnya di publik. Namun balik lagi, jangan sampai kata yang dilontarkan bersifat menyerang atau menyinggung orang lain.

"Perkara itu lagi berpendapat atau beropini kan juga kita harus menjunjung tinggi etika. Etika dalam berpendapat, etika dalam membuat opini," pungkasnya.



Simak Video "Konten Kontroversial Makin Menjamur, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)