Kamis, 10 Sep 2020 18:32 WIB

Hindari Makanan Ini Kalau Nggak Pengin Cepat Tua

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
seorang pria sedang asyik makan menggunakan mangkuk Ilustrasi makan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Siapa yang tak suka dengan makanan olahan? Sosis, nugget, hingga mi instan merupakan makanan olahan yang digemari banyak orang.

Namun, ada baiknya mulai saat ini kamu perlu berpikir dua kali untuk mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini karena, makanan olahan disebut bisa membuatmu menjadi lebih cepat tua jika terlalu sering dikonsumsi.

Dikutip dari Times of India, berbagai macam olahan ini adalah makanan yang mengandung banyak gula, tepung, minyak, dan lemak.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh para peneliti dari Universitas Navarra di Pamplona, Spanyol. Dalam studi tersebut, mereka mempelajari sampel DNA dari 886 orang berusia 20 tahun ke atas dengan rata-rata peserta berusia 67 tahun.

Disebutkan dalam studi tersebut, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga porsi makanan olahan dalam sehari lebih berisiko 29-40 persen memiliki tolemere yang pendek, daripada mereka yang makan kurang dari dua porsi dalam sehari.

Telomere merupakan bagian dari DNA yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kromosom agar tetap stabil. Seiring bertambahnya usia, sel-sel tubuh akan membelah diri dan telomere menjadi lebih pendek.

Peneliti juga menemukan, orang yang lebih sering mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki tolemere yang lebih panjang dan terhindar dari risiko penyakit kronis.

Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu menerapkan berbagai macam pola hidup sehat agar terhindar dari penuaan dini dan risiko terkena penyakit, di antaranya sebagai berikut:

- Batasi konsumsi makanan olahan hanya seminggu sekali.

- Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

- Olahraga secara rutin dan cobalah melakukan aktivitas fisik minimal 190 menit dalam setiap minggu.



Simak Video "Resto Ini Sajikan Makanan Sehat yang Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)