Jumat, 11 Sep 2020 10:34 WIB

Terungkap, Ini Efek Samping yang Hentikan Uji Klinis Vaksin AstraZeneca

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Uji coba vaksin Corona AstraZeneca yang dipimpin Oxford University terpaksa harus dihentikan, setelah satu dari relawannya di Inggris mengalami efek samping yang mengerikan. Relawan yang tidak disebutkan namanya itu pun menceritakan apa yang dirasakannya setelah menjalani uji vaksin tersebut.

Ia mendapat suntikan vaksin pertamanya pada bulan Mei lalu. Tetapi, beberapa jam setelah disuntikkan, ia mengalami sakit kepala, menggigil, dan demam.

"Saya bangun sekitar jam 2 pagi dan merasa kedinginan. Tetapi suhu tubuh saya di atas 39 derajat Celcius. Saya merasa sangat lemah dan benar-benar tidak bisa bangun ataupun bergerak, sehingga pasangan saya memberikan paracetamol," jelasnya yang dikutip dari Mirror, Jumat (11/9/2020).

"Suhu tubuh saya terus naik selama satu hari, merasa lemah dan lesu sampai tidak bisa berbuat apa-apa," lanjutnya.

Relawan vaksin itu mengatakan suntikan itu membuatnya merasa lelah seharian. Bahkan ia hanya bisa tidur sepanjang hari kedua setelah penyuntikkan tersebut.



Simak Video "Janji India Bagikan Vaksin Corona Buatannya ke Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)