Selasa, 15 Sep 2020 11:44 WIB

Tidak Disarankan Dipakai di KRL, Apa Kekurangan Masker Buff dan Scuba?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Suasana KRL Cawang-Bogor Penumpang KRL disarankan hindari penggunaan masker buff dan scuba. (Foto: Suasana KRL Cawang-Bogor (Herianto/detikcom))
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?
Jakarta -

Pengguna KRL disarankan menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Dalam penjelasan PT KCI, masker jenis tersebut dianggap hanya 5 persen efektif untuk mencegah penularan virus Corona. Pengguna KRL disarankan memakai masker kain atau masker kesehatan.

"Masker kain 2-3 lapis dan masker kesehatan mengurangi penyebaran droplet yang masih mungkin terjadi," ucap VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Memakai masker menjadi salah satu cara untuk menghindari droplet pembawa virus COVID-19. Hanya saja, studi menunjukkan tidak semua jenis masker bisa membantu mencegah penularan COVID-19.

Dalam studi yang dilakukan oleh Duke University, masker buff atau penutup wajah yang sering digunakan pengendara motor, menawarkan perlindungan yang sangat sedikit terhadap paparan virus Corona COVID-19.

Bahkan masker buff disebut menghasilkan lebih banyak droplet dibandingkan jika tidak memakai masker sama sekali karena bahan yang digunakan dapat memecah droplet menjadi partikel yang lebih kecil.

"Mereka cenderung bertahan lama di udara, bisa terbawa lebih mudah di udara, jadi ini sebenarnya kontraproduktif untuk memakai masker semacam itu," kata Dr. Martin Fischer, ahli kimia, fisikawan dan penulis studi, dikutip dari CNBC International

Sementara itu untuk masker scuba, dokter paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, mengatakan, kemampuan proteksi masker jenis ini memang terbatas.

"Tingkat keamanan tetap di bawah masker standar bedah maupun N95," katanya kepada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?