Selasa, 15 Sep 2020 18:16 WIB

Kata Ahok Soal Pandemi COVID-19: Jangan Harap Cepat Berlalu, Ini Panjang!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pandemi virus Corona sampai saat ini masih melanda Indonesia dan pertambahan kasus masih terus terjadi. Dalam hal ini, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memberikan pesan dan harapan bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi Corona.

Salah satunya, ia mengingatkan agar masyarakat untuk jangan terlalu berharap pandemi akan cepat berlalu.

"Pertama, jangan berharap ini (pandemi) akan cepat berlalu. Ini panjang dan kita harus membiasakan hidup dengan virus ini. Makanya saya katakan setelah normal pun, tetap virusnya akan ada di tengah-tengah kita," jelasnya dalam akun YouTube Panggil Saya BTP, Selasa (15/9/2020).

"Maka dari itu, selain kita menunggu vaksin, vaksin pun kita belum tahu apakah bisa cepat satu-dua tahun ini. Tapi, di antara itu gunakanlah perspektif yang benar yaitu Tuhan. Sebagai orang yang percaya dengan adanya Tuhan, pastilah Dia punya maksud yang baik," imbuhnya.

Selain itu, Ahok juga menegaskan pada masyarakat Indonesia untuk tidak menganggap enteng dan meremehkan pandemi COVID-19 ini. Tetapi, ia juga tidak ingin masyarakat merasa ketakutan bahkan menjadi paranoid yang bisa berdampak pada daya tahan tubuh.

"Jangan jadi paranoid sampai akhirnya daya tahan tubuh turun karena stres. Tetap berolahraga, karena saya kira nggak ada alasan tidak berolahraga,"

Ahok memberikan contoh beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di tengah pandemi ini, terutama saat work from home (WFH). Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan kaki hingga jogging ringan.

"Kita harus tetap sehat, ada sukacita dan damai di hati kita. Kita harus optimis, yang penting kita harus tetap sehat," pungkasnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)