Rabu, 16 Sep 2020 06:20 WIB

9 Kesalahan Pakai Masker yang Bikin Tak Efektif Cegah COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Medical mask and Glasses fogging. Avoid face touching, Coronavirus prevention, Protection. 9 Kesalahan pakai masker yang sering terjadi (Foto: Getty Images/iStockphoto/ChesiireCat)

6. Menggunakan masker (medis) terbalik

Pada masker medis, terdapat kawat di satu bagiannya. Kawat itu harus ditempatkan di ujung hidung yang berfungsi untuk menahan masker agar tetap menempel pada hidung.

Selain itu, kawat tersebut bisa ditekuk dan disesuaikan dengan ukuran hidung kamu. Jadi, tempatkan kawatnya di hidung ya, bukan di dagu.

7. Pakai masker dengan sisi yang salah

Masker memiliki dua sisi, ada sisi dalam dan luar. Jika kamu menggunakannya tanpa melihat sisi yang tepat, potensi virus masuk ke dalam tubuh jauh lebih besar.

8. Terlalu sering menyentuh masker

Pada bagian luar masker pasti banyak virus yang menempel. Jika kamu terlalu sering menyentuhnya dengan tangan, bisa jadi virus yang menempel pada masker bisa menyebar ke mana-mana.

9. Tetap menggunakan masker basah atau kotor

Kebersihan masker juga jadi hal sangat penting diperhatikan. Jika masker yang kamu pakai sudah basah atau kotor harus segera diganti, karena bisa membuat kamu kurang nyaman dan tidak baik untuk pernapasan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)