Kamis, 17 Sep 2020 17:05 WIB

Satgas COVID-19 Dukung Pakai Masker Saat Nyetir Mobil Sendiri: Biar Tak Tertular

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito Jubir Satgas COVID-19 dukung pakai masker di mobil saat nyetir sendiri. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden0
Jakarta -

Baru-baru ini viral di media sosial soal penilangan kepada warga DKI karena tak memakai masker saat menyetir mobil sendirian. Hal ini memicu pro-kontra karena diyakini tidak berisiko terjadinya penularan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito ikut menanggapi hal tersebut. Wiku menegaskan agar masyarakat mau menerima peraturan pemakaian masker saat berkendara.

"Kalau kita lihat pasal pergub DKI nomor nomor 79 tahun 2020 pasal 4 ini mengenai perlindungan kesehatan individu menyatakan bahwa setiap orang yang ada di DKI Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan individu," ungkap Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden Kamis (17/9/2020).

"Yang meliputi menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu ketika berada di luar rumah. Berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya, dan atau menggunakan kendaraan bermotor," lanjutnya.

Wiku mengaku kalau peraturan tersebut adalah sebagian dari upaya melindungi masyarakat dari penularan COVID-19. "Jadi mohon agar bisa mengikuti peraturan tersebut. Karena itu adalah sebagian upaya yang melindungi kita atau seluruh masyarakat dari tertular," pungkasnya.



Simak Video "Seperti di Indonesia, Joe Biden Juga Akan Bikin Satgas Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)