Jumat, 18 Sep 2020 05:10 WIB

Brucellosis Mewabah di China, Bisa Picu Pembengkakan Testis pada Pria

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Male suffering with pain in the urogenital system. Disease for men. The concept of protection of sexually transmitted infections. Brucellosis mewabah di China (Foto: iStock)
Jakarta -

Lebih dari 3 ribu orang di Lanzhou, China, terserang brucellosis, infeksi bakteri yang bisa memicu pembengkakan testis pada pria. Biasanya menular lewat makanan yang terkontaminasi Brucella, tetapi dalam kasus ini diyakini penularan terjadi lewat udara.

Peringatan soal infeksi ini muncul setahun yang lalu ketika warga mulai jatuh sakit di Lanzhou, Provinsi Gansu, China. Sumber penularan adalah kebocoran secara tidak sengaja di sebuah pabrik biofarmasetika, yang ironisnya memproduksi vaksin brucellosis.

Selama Juli-Agustus, pabrik ini menggunakan sterilizer yang kedaluarsa selama produksi vaksin sehingga udara aerosol yang dihasilkan terkontaminasi bakteri.

Awalnya hanya sedikit orang yang terinfeksi. Namun tes terhadap 21 ribu warga mengungkap lebih dari 3 ribu hasil positif. Sejauh ini tidak ada kematian yang dilaporkan.

"Angkanya jauh lebih besar dari yang diperkirakan dan memicu kekhawatiran terkait meluasnya penyakit dan konsekuensinya," tulis Global Times.

Infeksi brucellosis ditandai dengan gejala mirip flu, disertai lemas, berkeringat, berat badan turun, dan nyeri otot. Pada 2 persen pengidapnya, infeksi ini bisa mematikan.

Penularan dari orang ke orang relatif jarang, umumnya terjadi dari hewan ternak ke manusia. Jalur penularannya melalui daging yang tidak dimasak sempurna atau produk susu yang tidak disterilkan.



Simak Video "Agar Tak Terpapar Bakteri Listeria, Begini Cara Menyimpan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)