Selasa, 22 Sep 2020 07:42 WIB

Korsel Laporkan Dugaan Kasus Reinfeksi COVID-19 Pertama

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wabah Corona di Korea Selatan (Korsel) telah mulai mereda. Pemerintah Korsel akan mulai membuka kembali sekolah mulai minggu depan. Korsel laporkan dugaan kasus reinfeksi COVID-19 pertama. (Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Seorang wanita asal Seoul, Korea Selatan, dilaporkan terinfeksi virus Corona COVID-19 untuk kedua kalinya. Pasien, yang pertama kali didiagnosis dengan COVID-19 pada Maret, dinyatakan positif lagi pada awal April.

Pasien itu juga disebut terkena COVID-19 kedua kalinya atau reinfeksi sekitar enam hari setelah dua tes RT-PCR berturut-turut menunjukkan bahwa dia negatif.

"Penelitian tentang kasus dugaan infeksi ulang sedang dilakukan," kata Kwon Joon-wook, wakil direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korsel, dalam jumpa pers, dikutip dari The Korea Herald.

Pihak berwenang yakin wanita itu kemungkinan terinfeksi melalui rute yang berbeda, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui jalur transmisinya.

Penjelasan lainnya adalah bahwa pasien mungkin telah tertular virus sebelum dia mampu mengembangkan kekebalan. Saat kali kedua terinfeksi COVID-19, pasien mengalami gejala ringan, seperti batuk.

Sejauh ini, setidaknya 705 orang dinyatakan positif untuk kedua kalinya setelah pulih sejak Februari. Hanya saja tidak ada yang secara resmi memenuhi 'syarat' sebagai reinfeksi menurut otoritas kesehatan.

Kasus infeksi ulang pertama di dunia dilaporkan di Hong Kong bulan lalu. Pria berusia 33 tahun itu juga kedua kali mengalami gejala ringan.



Simak Video "Riset Ahli Soal Kasus Pasien Sembuh Corona Kembali 'Terinfeksi'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)