Sabtu, 26 Sep 2020 05:05 WIB

Waspadai 3 Risiko Sering Menahan Pipis

Elsa Himawan - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Sering menahan pipis berdampak buruk bagi kesehatan (Foto: istock)
Jakarta -

Sering menahan pipis tanpa sadar kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kondisi menjadi alasannya, misal sedang berada di kendaraan umum, rapat atau sedang bekerja.

Namun, menahan pipis seharusnya tidak dilakukan karena berisiko bagi kesehatan. Dikutip dari Times of India, berikut bahaya yang diakibatkan karena menahan pipis:

1. Infeksi saluran kemih

Terbiasa menahan buang air kecil dapat memicu infeksi saluran kemih (ISK) karena adanya bakteri yang terus berkembang biak. Gejala ISK meliputi sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri pada bagian perut bawah, urine berbau tak sedap, dan sesekali urine mengeluarkan darah.

2. Retensi urine

Retensi urine adalah kondisi kandung kemih yang tidak dapat dikosongkan, sehingga terjadi penyumbatan aliran urine melalui kandung kemih dan uretra. Salah satu gejala retensi urine adalah munculnya rasa tidak nyaman dan nyeri pada bagian bawah perut.

3. Inkontinensia urine

Inkontinensia urine adalah kondisi kandung kemih meregang, sehingga menimbulkan kesulitan menahan buang air kecil. Inkontinensia urine dapat membuat seseorang bisa mengeluarkan urine tanpa disadari atau mengompol.



Simak Video "Cara Ilmuwan Deteksi Kerumunan Masyarakat Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)