Rabu, 30 Sep 2020 14:56 WIB

Ada yang Terpapar Corona di Kantor? Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Klaster kantor menjadi salah satu penyumbang tingginya kasus Corona COVID-19 di Indonesia. Apa yang harus dilakukan jika ada karyawan yang terpapar penyakit ini di kantor?

Dijelaskan oleh Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah, SKM, MSc, DIC, PhD, berikut sederet langkah yang harus dilakukan jika ada karyawan yang terpapar virus Corona di kantor.

1. Pemeriksaan kepada karyawan dalam satu ruangan dan satu lantai

Dewi menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan tes Corona secara massal pada semua orang yang berada dalam satu ruangan dan satu lantai dengan karyawan tersebut.

"Bahkan nggak ada kontak satu ruangan juga perlu diperiksa, karena kita nggak tahu ventilasi udaranya atau sirkulasinya di sana," kata Dewi dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Rabu (30/9/2020).

Penggunaan kamar mandi secara bersama menjadi salah satu alasan mengapa semua orang dalam satu lantai juga ikut perlu melakukan tes Corona meski mereka tidak berada satu ruangan dengan karyawan yang positif COVID-19.

2. Pemeriksaan pada keluarga karyawan dan kontak erat pasien

Dewi mengatakan, untuk mencegah penyebaran COVID-19 meluas, orang yang pernah melakukan kontak erat meski tidak satu lantai dan pihak keluarga karyawan tersebut juga perlu dilakukan tes Corona.

"Ini terutama pada teman-teman yang karyawannya yang memang kontak erat, bisa jadi nggak satu lantai, bisa jadi nggak satu ruangan, tapi teman main. Bisa jadi makan siangnya bareng, pulangnya bareng," jelasnya.

3. Disinfeksi seluruh kantor

Langkah selanjutnya, disinfeksi seluruh kantor untuk mencegah adanya jejak virus Corona yang mungkin saja masih menempel di berbagai permukaan benda di kantor.

"Disinfeksi wajib ke semua wilayah yang ada di kantor, ke semua ruangan-ruangan," ujar Dewi.

4. Isolasi mandiri sampai hasil tes negatif COVID-19

Dewi menegaskan, bagi karyawan yang sudah melakukan tes Corona dan sedang menjalani karantina mandiri di rumah, sebaiknya tidak pergi ke mana pun termasuk ke kantor hingga hasil tesnya dikatakan negatif COVID-19.

"Wajib ketika sedang menunggu hasil sama seperti yang tadi, isolasi mandiri, jangan masuk kantor dulu sampai hasilnya keluar," tegasnya.



Simak Video "Curhat Pasien Corona yang Alami Klaster Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)