Jumat, 02 Okt 2020 06:21 WIB

Orang Pertama yang Sembuh dari HIV Meninggal karena Leukemia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Pria pertama yang sembuh dari HIV meninggal dunia (Foto: iStock)
Jakarta -

Timothy Ray Brown, orang pertama yang dinyatakan sembuh dari HIV meninggal dunia pada Rabu (29/9/2020). Ia sebelumnya diketahui mengidap leukemia dan berjuang melawan penyakit tersebut selama 5 bulan.

"Setelah lima bulan berjuang melawan leukemia, orang pertama yang diketahui sembuh dari HIV telah meninggal karena kanker," sebut International AIDS Society, dikutip dari CNN International, Jumat (2/10/2020).

Pria berusia 54 tahun ini sebelumnya dianggap sembuh dari HIV 2008 silam. Satu tahun sebelum ia dinyatakan bebas dari HIV, ia menerima transplantasi sumsum tulang di Berlin, Jerman, untuk mengobati leukemia myeloid akut (AML) yang diidapnya.

Sumsum tulang yang dia terima berasal dari donor yang gen-nya membawa mutasi langka yaitu CCR5-delta 32, sehingga Brown secara alami kebal terhadap HIV. Tetapi dalam 6 bulan terakhir, leukemia yang diidapnya kambuh dan diketahui telah menyerang tulang belakang dan bagian otak.

"Atas nama semua anggotanya dan Dewan Pengurus, IAS mengirimkan bela sungkawa kepada mitra Timothy, Tim, dan keluarga serta teman-temannya," kata Adeeba Kamarulzaman, presiden International AIDS Society dan profesor kedokteran dan penyakit menular di Universitas Malaya, dalam pengumuman IAS, Rabu kemarin.

Berdasarkan keterangan komite bersama untuk program HIV-AIDS di PBB, saat inI ada 38 juta orang yang mengidap HIV di dunia.

"Kami berhutang budi kepada Timothy dan dokternya, Gero Hütter, karena telah membuka pintu bagi para ilmuwan untuk mengeksplorasi konsep bahwa sangat mungkin sembuh dari HIV," kata IAS.

"Brown diketahui mengabdikan hidupnya untuk menceritakan kisah tentang penyembuhan HIV dan menjadi duta harapan," sebut salah satu rekannya.

Lebih dari dua tahun lalu, Adam Castillejo, pasien HIV di London, menyelesaikan terapi antiretroviral HIV dan menjadi orang kedua yang sembuh dari HIV. Tidak seperti Brown, Castillejo hanya menjalani satu transplantasi sel induk dan tidak menjalani radioterapi ke seluruh tubuhnya sebagai bagian dari perawatannya.



Simak Video "Pelayanan ODHA di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)