Minggu, 04 Okt 2020 06:30 WIB

Soal Harga Swab Test: Cara, Lokasi Pemeriksaan, Biaya Mahal atau Murah?

Rosmha Widiyani - detikHealth
ASN Diskominfo Pemprov Gorontalo jalani tes swab Foto: Ajis/Soal Harga Swab Test: Cara, Lokasi Pemeriksaan, Biaya Mahal atau Murah?
Jakarta -

Pemerintah telah menetapkan harga swab test dan pemeriksaan RT-PCR sebesar Rp 900 ribu. Aturan harga swab test tertinggi diterapkan setelah keluar surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Tarif diberlakukan setelah diterbitkannya surat edaran Menteri Kesehatan," kata Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof. Dr. H. Abdul Kadir, PHD, Sp.THT-KL (K), MARS, dikutip dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan.

Prof Kadir menjelaskan, telah terjadi disparitas harga swab test hingga perlu ditentukan tarif pemeriksaan tertinggi. Selanjutnya Prof Kadir meminta semua dinas kesehatan mengawasi pelaksanaan aturan harga swab test tertinggi di wilayahnya.

Penetapan harga swab test dilakukan melalui kerja sama Kemenkes dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto, SE, MBA, berharap aturan harga swas test bisa memberikan kepastian untuk masyarakat.

BPKP tentunya ikut serta dalam pengawasan pelaksanaan aturan harga swab test tertinggi Rp 900 ribu. Dengan adanya aturan ini, pertanyaan lain yang muncul adalah harga swab test termasuk mahal atau murah. Termasuk cara dan lokasi mendapatkan swab test.

Berikut penjelasan seputar harga swab test, cara, dan lokasi pengujian

1. Harga swab test Rp 900 ribu mahal atau murah?

Keterangan dalam Sehat Negeriku menjelaskan komponen biaya dalam penentuan harga swab test Rp 900 ribu. Komponen terdiri atas jasa layanan SDM dan bahan habis pakai untuk swab test. Jasa layanan SDM terdiri atas dokter spesialis mikrobiologi klinik/patologi klinik, tenaga ekstraksi, dan tenaga pengambilan sampel dan ATLM. Untuk bahan habis pakai terdiri atas APD level 3, reagen untuk ekstraksi dan PCR, dan overhead misal pemakaian listrik dan pengelolaan limbah.

Situs KawalCOVID19 menjelaskan, standar swab test dan RT-PCR memang tinggi sehingga biaya investasi awal lebih mahal. Karena itu, Uni Eropa dan Amerika Serikat memberikan lisensi darurat bagi teknologi PCR point-of-care (POC). Teknologi ini memiliki akurasi seperti RT-PCR, hasil bisa keluar dalam waktu 7 menit dan dapat diterapkan di laboratorium dengan standar kurang dari Biosafety level 2 (BSL 2).

BPKP sebelumnya telah melakukan survei harga swab test dengan biaya tertinggi adalah Rp 2,8 juta berada di daerah Sulawesi dan terendah sekitar Rp 200 ribu di Jawa Tengah. Jika dirata-rata, maka harga swab test sekitar Rp 1,4 juta. BPKP sempat mengusulkan harga swab test Rp 797 ribu per spesimen untuk perseorangan dan Rp 439 ribu per spesimen untuk kontraktual.

2. Harga swab test Rp 900 ribu, bagaimana cara tesnya?

Swab test dan RT-PCR merupakan satu-satunya standar pengujian COVID-19 yang diakui badan kesehatan dunia WHO. Situs KawalCOVID19 menjelaskan, swab test dan RT-PCR memerlukan perlengkapan untuk mengambil sampel dan cairan reagen untuk mengisolasi potongan kode genetik virus.

Mekanisme tes diawali pengambilan sampel swab dari rongga nasofaring. Sampel yang berisi kode genetik virus kemudian mengalami proses reverse transcription (RT) dan diperbanyak dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasil swab test dan RT-PCR ini menjadi dasar untuk menentukan adanya virus corona dalam tubuh. Proses memperbanyak kode genetik memerlukan waktu 6 jam hingga dua hari.

3. Di mana lokasi swab test?

Aturan harga swab test Rp 900 ribu diterapkan setelah keluar surat edaran dari Menteri Kesehatan. Sebelum aturan diterapkan, berikut harga swab test drive thru di beberapa rumah sakit:

1. RS Pondok Indah, harga swab test Rp 2,3 juta untuk hasil tes di hari yang sama.

2. RS Pertamina Jaya, harga swab test tersedia Rp 1,8-2,5 juta hasil tes di hari yang sama dan Rp 1,5 juta dengan tiga hari kerja

3. RS Hermina Kemayoran, harga swab test Rp 1,5 juta dengan hasil diterima dua hari kerja dan Rp 900 ribu dengan lima hari kerja

4. RS Hermina Podomoro, harga swab test Rp 1,9 juta dengan hasil diterima satu hari kerja dan Rp 1,5 juta dengan tiga hari kerja

5. RS Mayapada Kuningan, harga swab test Rp 2 juta (1 hari kerja), Rp 3 juta (12 jam), Rp 1,5 juta (3 hari kerja), dan Rp 3,5 juta (6 jam)

7. RS Mayapada Jakarta Selatan, harga swab test Rp 2 juta (1 hari kerja), Rp 1,5 juta (3 hari kerja), dan Rp 3,5 juta (6 jam)

8. RS PGI Cikini, harga swab test Rp 1,7 juta

9. RS Pelni, harga swab test Rp 1,25 juta (2-3 hari kerja) dan Rp 2,5 juta (1 hari kerja)

10. Primaya Evasari Hospital, harga swab test Rp 1,7 juta dengan hasil diterima dua hari kerja.



Simak Video "Jika Ada Permainan Harga PCR, Ini Sanksinya! "
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)