Rabu, 07 Okt 2020 10:06 WIB

Termasuk 10 Wilayah Prioritas, Jatim dan Sulsel Kini 'Bebas' Zona Merah COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Warga melintas di depan mural bertemakan Lawan COVID-19 di kawasan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Senin (6/7). Menurut keterangan warga mural tersebut merupakan aksi lomba membuat mural bertemakan COVID-19 dengan tujuan mengkampanyekan untuk selalu menerapkan protkoler kesehatan di era New Normal. Jawa Timur dan Sulawesi Selatan sudah tak lagi memiliki wilayah dengan zona merah Corona dalam sepekan terakhir. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut Jawa Timur dan Sulawesi Selatan kini sudah tak lagi memiliki wilayah dengan zona merah Corona dalam sepekan terakhir.

"Dari segi zona risiko kab/kota zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berubah menjadi zona oranye," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020).

Selain itu, Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi dari 10 provinsi prioritas yang mengalami penurunan jumlah kasus baru Corona secara drastis dalam sepekan terakhir.

"Dari segi jumlah positif mingguan, 6 dari 10 provinsi mengalami penurunan... Paling signifikan terjadi di Sulawesi Selatan 30,1 persen dan Jawa Barat 28,5 persen," ucap Wiku.

Wiku juga menjelaskan, 7 dari 10 provinsi prioritas yang mengalami peningkatan tingkat kesembuhan Corona, Jawa Timur menjadi yang paling tinggi angka kesembuhannya dalam sepekan terakhir.

"Provinsi yang memiliki angka kesembuhan tertinggi adalah Provinsi Jawa Timur sebesar 88,53 persen," jelasnya.

Adapun yang termasuk 10 provinsi prioritas penanganan virus Corona COVID-19 selain Jawa Timur dan Sulawesi Selatan adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Diketahui hingga kini, Rabu (7/10/2020) pagi, total kasus positif Corona di Indonesia sudah sebanyak 311.176 kasus. Sementara total pasien sembuh sudah mencapai 236.437 dan 11.374 lainnya meninggal dunia.



Simak Video "Melihat Tren Bersepeda Dalam Mal di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)