Rabu, 07 Okt 2020 12:45 WIB

Seperti Mendiang Eddie Van Halen, Deretan Pesohor Ini Juga Kena Kanker Tenggorokan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Eddie Van Halen Meninggal Eddie Van Halen meninggal dunia. (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Van Halen Vs Kanker
Jakarta -

Musisi Edward Lodewijk Van Halen atau dikenal dengan Eddie Van Halen dikabarkan meninggal dunia di usia 65 tahun karena penyakit kanker yang berawal dari paru dan menyebar ke otak hingga organ lainnya.

Ia meninggal di St John's Hospital di Santa Monica, California, setelah berjuang melawan penyakit kankernya selama lebih dari 10 tahun. Dikutip dari TMZ, Eddie juga dikabarkan sempat bolak-balik AS-Jerman untuk radioterapi.

Meskipun Eddie merupakan perokok berat, ia meyakini kalau kanker tenggorokan yang diidapnya saat itu berasal dari kebiasaannya menggigit pick gitar di mulutnya lebih dari 20 tahun.

Selain Eddie, berikut beberapa tokoh terkenal yang juga mengidap kanker tenggorokan yang dikutip dari laman WebMD.

1. Michael Douglas

Aktor sekaligus produser Michael Douglas pada 2010 didiagnosis mengidap kanker mulut stadium IV. Ia juga mengatakan bahwa kanker itu awalnya berasal dari tenggorokannya.

Douglas mengatakan penyebab dari penyakitnya ini adalah human papillomavirus atau HPV setelah melakukan oral seks. HPV ini merupakan virus menular seksual yang umumnya menjadi penyebab utama kanker tenggorokan dan lidah.

Sebagai langkah pengobatannya, Douglas menjalani radiasi dan kemoterapi.

2. George Harrison

Mantan anggota The Beatles ini pertama kali melihat ada benjolan atau tumor kecil di lehernya saat berkebun, yang ternyata adalah kanker tenggorokan. Untuk mengobatinya, ia menjalani operasi dan radiasi di tahun 1998.

Semasa hidupnya, Harrison merupakan perokok aktif. Terlebih tembakau ini merupakan salah satu penyebab utama pria rentan mengidap kanker tenggorokan.

Harrison juga memiliki masalah kesehatan lainnya, seperti tumor otak dan kanker paru-paru. Hingga akhirnya Harrison meninggal pada usia 58 tahun pada 2001.

3. Lana Turner

Pada 2002 silam, ikon Hollywood Lana Turner harus mendapatkan perawatan dokter karena sakit tenggorokan. Hal ini menyebabkan dirinya harus mendapat operasi 'kanker kecil' di tenggorokannya.

Turner semasa hidupnya adalah perokok dan mengkonsumsi alkohol. Karena harus menjalani terapi radiasi, Turner akhirnya berhenti merokok. Namun, tiga tahun kemudian ia meninggal pada usia 75 tahun.

4. Ed Sullivan

Pembawa program variety televisi The Ed Sullivan Show, Ed Sullivan, harus dirawat di rumah sakit di New York pada September 1974 karena kanker tenggorokan. Di 37 hari kemudian, Ed meninggal dunia di usianya yang ke-37 tahun.

5. Ann Richards

Ann Richards yang merupakan mantan gubernur Texas meninggal dunia karena kanker esofagus pada 2006, tepatnya 6 bulan setelah diagnosisnya. Penyakit tersebut mempengaruhi sel-sel yang melapisi saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut dan tidak menunjukkan gejala apapun.

Richards juga dikenal sebagai perokok dan memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Sementara penyakit tersebut sangat rentan diidap oleh orang dengan kebiasaan sepertinya, dan hanya bisa bertahan hidup kurang dari lima tahun.

6. Larry Hagman

Larry Hagman yang populer setelah memerankan JR Ewing di Dallas ini pada tahun 2011 menderita kanker tenggorokan. Tetapi, penyakit itu seperti tidak mengganggu kesehatannya.

Hingga sebelum dirinya menjalani transplantasi hati, Hagman mendaftar untuk menjalani radiasi dan kemoterapi untuk mengobati tumor tenggorokannya selama 6 minggu. Dan akhirnya Hagman meninggal satu tahun kemudian pada usia ke-81.



Simak Video "Inggris Ciptakan Tes Darah Inovatif untuk Deteksi 50 Jenis Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Van Halen Vs Kanker