Jumat, 09 Okt 2020 09:07 WIB

Healthy Talkie

Jadi Sindiran untuk Menkes Terawan, Terapi Kursi Kosong Ternyata Beneran Ada

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, tayangan Mata Najwa jadi kontroversi setelah menghadirkan bangku kosong atau 'empty chair' untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Najwa terlihat seolah sedang mewawancarai Menkes Terawan yang digambarkan dengan sebuah bangku kosong.

Dalam ilmu psikologi, bangku kosong atau 'empty chair' ternyata punya arti lain dan bisa digunakan untuk terapi. Seperti apa?

Psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate menjelaskan istilah 'empty chair' dalam psikologi itu adalah semacam terapi. Lewat kursi kosong, seseorang akan mendapatkan kesempatan untuk melampiaskan emosinya.

"Oleh seorang therapist itu didampingi di mana pasien mengekspresikan unek-unek, lalu juga kesedihannya, kemarahannya terhadap kursi yang kosong tersebut, seolah-olah kursi itu duduklah sosok orang yang memang menjadi sumber permasalahannya," papar Kasandra, kepada detikcom, Kamis (1/10/2020).

Selain itu, Kasandra juga mengatakan bahwa empty chair ini harus dilakukan dengan panduan ahli yang memiliki keahliannya dengan sertifikasi khusus untuk melakukan empty chair terapi.

Lebih lanjut soal empty chair therapy, bisa cek selengkapnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]





(up/up)