Senin, 12 Okt 2020 07:00 WIB

Sehabis Mandi Air Hangat, Kenapa Tubuh Malah Menggigil?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
back view of attractive african american woman with sponge taking shower Kenapa menggigil setelah mandi air hangat? (Foto: iStock)
Jakarta -

Di pagi hari, bersentuhan dengan air dingin setelah bangun tidur memang rasanya tidak enak. Mandi pakai air hangat kerap jadi pilihan dengan harapan badan akan terasa lebih hangat.

Kenyataannya, badan terasa hangat cuma saat mandi. Sehabis mengeringkan diri, malah makin menggigil. Kenapa bisa begitu?

Dikutip dari Mentalfloss, air yang menempel pada kulit sehabis mandi akan menguap. Untuk mengubah air menjadi uap, dibutuhkan energi panas. Air memperoleh energi itu dengan mengisap panas dari lingkungan sekitar.

Dalam kasus mandi di pagi hari, air yang menguap menghisap energi panas dari tetesan yang melekat pada tubuh. Hasilnya adalah air di tubuh menjadi dingin. Proses penguapan juga menyerap panas dari kulit dan membuat kamu semakin menggigil.

Pada kondisi ini, meskipun kamu mandi menggunakan air hangat akan merasa menggigil dan kedinginan. Untuk mengurangi rasa menggigil, coba beri jeda 30 menit sejak bangun tidur hingga mandi. Selama 30 menit itu, kamu bisa menghangatkan tubuh dan membiarkannya beradaptasi dengan suhu di pagi hari.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)