13 Oktober No Bra Day, Sehari Nggak Pakai Bra Benarkah Lebih Sehat?

ADVERTISEMENT

13 Oktober No Bra Day, Sehari Nggak Pakai Bra Benarkah Lebih Sehat?

Ayunda Septiani - detikHealth
Selasa, 13 Okt 2020 09:51 WIB
ilustrasi bra
13 Oktober diperingati sebagai hari tanpa bra (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Dari tahun ke tahun, tanggal 13 Oktober selalu diperingati sebagai No Bra Day. Pada tanggal tersebut, para wanita bebas untuk tidak menggunakan bra seharian.

Belakangan ini pun banyak didiskusikan soal masalah kebebasan wanita menggunakan bra atau pelindung payudara tersebut. Dari alasan kesehatan, estetika, kenyamanan, hingga alasan terkait feminisme bertebaran.

Terkait dengan kesehatan, sebenarnya lebih sehat mana sih menggunakan bra atau tidak?

Dikutip dari laman Times Of India, sayangnya tidak terlalu banyak riset mengenai hal tersebut. Namun, menurut seorang perawat spesialis kesehatan wanita, Patricia Geraghty, menyebut bra sebetulnya tidak terlalu memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan wanita, dan ketika tidak menggunakan bra juga tidak akan mengganggu kesehatan.

Bra digunakan karena adanya ketakutan payudara akan menjadi 'melorot' dan tidak kencang, selain itu soal estetika. Namun, menurut Geraghty dan para ahli lainnya, sebenarnya hal tersebut tidak dapat dipengaruhi oleh pemakaian bra, namun justru tergantung kepada beberapa kali seseorang mengalami kehamilan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Jean Denis Rouillon selama 15 tahun, menyimpulkan bahwa bra sebetulnya tidak memiliki manfaat, bahkan malah bisa menyakiti atau berbahaya. Dalam studinya tersebut, 300 wanita berusia antara 18 hingga 35 tahun yang tidak memakai bra, memiliki jaringan otot yang secara alamiah akan menyokong payudara mereka.

"Sementara, saat kita mengenakan bra, material 'cup' membatasi kemampuan payudara untuk menumbuhkan jaringan penyokong ini. Hasilnya, Rouillon percaya bahwa memakai bra malah membuat payudara kita lebih cepat 'melorot'," ungkap dari studi tersebut.

Namun apakah dengan hal ini berarti para wanita harus berhenti memakai bra? Rouillon pun mengingatkan bahwa jika kamu sudah mengenakannya selama kurang lebih satu dekade, maka jangan dihentikan, karena tidak akan ada manfaatnya dengan kemudian berganti untuk tidak memakainya.

Pernahkah mencoba seharian tidak pakai bra? Ceritakan di kolom komentar.



Simak Video "Penggunaan Bra Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
No Bra Day 2020
No Bra Day 2020
7 Konten
Hari tanpa bra atau no bra day diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Tidak jelas betul asal usulnya, tetapi banyak yang mengaitkannya dengan kampanye kanker payudara.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT