Selasa, 13 Okt 2020 15:28 WIB

Sejarah Awal Mula Tanggal 13 Dijadikan Sebagai No Bra Day

Ayunda Septiani - detikHealth
Bright purple bra, socks, and tank tops hanging outside in a neat row on a wash line, clipped by colorful clothespins. Some copy space on the gray wall in the background. Shot in Italy. 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day (Foto: Getty Images/iStockphoto/)
Topik Hangat No Bra Day 2020
Jakarta -

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra diperingati setiap 13 Oktober. Sejarah Hari Tanpa Bra ini muncul untuk meningkatkan kesadaran setiap orang terhadap kanker payudara. Peringatan ini pun digelar bertepatan dengan bulan kesadaran kanker payudara pada setiap bulan Oktober.

Dikutip dari laman National Today, asal usul Hari Tanpa Bra ini berawal dari kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara yang dilakukan di Kanada dan Amerika Serikat pada 9 Juli dan 19 Oktober 2011.

Seorang dokter bedah Mitchell Brown, di Toronto menggagas Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day, yang bertujuan untuk mengedukasi para perempuan akan pilihannya ketika harus menghadapi mastektomi. Mastekomi adalah operasi pengangkatan payudara.

Pada bulan Juli di tahun yang sama, seorang perempuan dengan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara melalui sebuah situs web.

Gagasan ini pun menarik perhatian banyak pihak. Selang tiga tahun, tanggal 13 Oktober ditetapkan sebagai Hari Tanpa Bra. Dari AS dan Kanada, gerakan Hari Tanpa Bra ini menyebar ke berbagai negara di dunia seperti Asia dan Eropa.

Diharapkan dengan adanya No Bra Day, para perempuan dapat menyadari bahaya kanker payudara sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan. Kanker payudara merupakan satu dari sedikit kanker yang bisa dideteksi secara dini.

Selain itu, No Bra Day dapat diperingati dengan cara lain seperti, melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mendeteksi adanya benjolan. Melakukan pemeriksaan payudara juga dapat dilakukan dengan melihat perubahan atau pembengkakan pada puting. Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan adalah 7-10 hari setelah menstruasi.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat No Bra Day 2020