Selasa, 13 Okt 2020 11:30 WIB

COVID-19 Belum Usai, 70 Mahasiswa di China Terserang Norovirus

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
China kini mulai membuka tempat-tempat wisata, pasca menurunnya virus Covid-19 (Corona). Untuk menggenjot jumlah turis, pemerintah China menggratiskan tiket masuk tempat wisata di daerah. 70 Mahasiswa di China terserang norovirus (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanxi, China Utara, mengalami diare dan muntah-muntah.

Dikutip dari Xinhua, pihak universitas melaporkan kejadian ini terjadi pada Rabu (7/10/2020) kemarin. Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Taiyuan telah mengambil sampel dari 28 kasus mahasiswa untuk melakukan tes norovirus pada hari Rabu dan Sabtu.

Hasilnya menunjukkan, 11 dari 28 mahasiswa tersebut dinyatakan positif norovirus.

Dilaporkan, hingga Minggu pukul 17.00 waktu setempat, sebanyak 22 pasien yang mengalami diare dan muntah-muntah akibat norovirus maupun faktor lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Apa itu norovirus?

Norovirus berasal dari keluarga virus yang sama sekali berbeda dengan virus Corona. Menurut Lee-Ann dari Jaykus NoroCORE Food Virology, norovirus adalah virus yang menyebabkan masalah pencernaan pada lambung atau usus.

Beberapa gejala norovirus di antaranya adalah mual, nyeri perut, muntah-muntah, dan diare parah. Virus ini menyebar melalui feses atau muntah dan biasanya orang akan terinfeksi norovirus ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.

"Ketika seseorang muntah atau buang air besar sejumlah besar virus keluar dari tubuh. Akan ada jutaan hingga milyaran partikel virus hanya dari satu gram materi," kata Lee-Ann.

"Orang lain bisa terinfeksi hanya dengan beberapa partikel saja," lanjutnya.



Simak Video "Norovirus Juga Ada di Indonesia, Begini Cara Cegah Penularannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)