Selasa, 13 Okt 2020 20:20 WIB

Tujuan dan Sejarah No Bra Day yang Diperingati 13 Oktober

Tim detikcom - detikHealth
Bright purple bra, socks, and tank tops hanging outside in a neat row on a wash line, clipped by colorful clothespins. Some copy space on the gray wall in the background. Shot in Italy. Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

No Bra Day masuk trending Twitter hari ini dan trending di Google. Ya memang setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day.

No Bra Day atau Hari Tanpa Mengenakan Bra tidak diketahui asal usulnya. Namun seperti dilansir The Sun, gerakan No Bra Day dimulai pada 2011 dan sebagian besar digaungkan di media sosial oleh para wanita dengan menggunakan tagar #nobraday untuk berkampanye.

No Bra Day biasanya diperingati sebagai sebuah bentuk dukungan kepada para penderita kanker payudara. Tujuan diperingatinya No Bra Day untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, skrining, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara. Anda juga dapat menunjukkan dukungan dengan berdonasi ke badan amal Perawatan Kanker Payudara atau menghadiri salah satu dari acara mereka.

Para wanita didorong untuk menjalani pemeriksaan. Hal ini agar dapat membantu mendeteksi kanker payudara hingga dua tahun sebelum dapat dirasakan oleh pasien.

Masih dari sumber yang sama, pencetus No Bra Day disebut dr. Mitchell Brown. Brown adalah ahli bedah asal Toronto, Kanada. Dia juga disebut merupakan pencetus 'Bra Day' untuk mengadvokasi akses, pendidikan, dan kesadaran bagi wanita yang mempertimbangkan operasi rekonstruktif payudara. Hingga pada tahun 2014, No Bra Day dirayakan di 30 negara di seluruh dunia.

Pada acara itu, mereka yang terkena kanker payudara dapat menghadiri ceramah, tanya jawab dengan ahli, dan mendengarkan kisah-kisah penyintas yang menginspirasi.

Pada No Bra Day, para wanita kerap melepas bra. Ada yang mengatakan bahwa sec ara rutin melepas bra berkawat bisa mengurangi risiko kanker payudara. Menurut ahli kanker, manfaat melepas bra sebenarnya tidak lebih dari melancarkan peredaran darah.

Selamat hari No Bra Day !



Simak Video "Perlukah Make up Ketika Memakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)