Selasa, 13 Okt 2020 12:57 WIB

Tak Terkait Kanker Payudara, Ini 5 Manfaat 'No Bra Day' Sebenarnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
penyebab payudara mengendur 5 manfaat tidak menggunakan bra untuk kesehatan. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Topik Hangat No Bra Day 2020
Jakarta -

No Bra Day atau hari tanpa beha atau bra yang jatuh pada tanggal 13 Oktober ini dikaitkan dan disebut membawa pesan soal kepedulian terhadap kanker payudara.

Selain itu, ternyata tidak memakai bra ini juga ada manfaat kesehatan, terutama pada area payudara. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dengan menanggalkan bra di rumah, yang dikutip dari Bustle.

1. Terasa lebih nyaman

Sebagian wanita mungkin selalu menggunakan bra sampai mereka kembali tidur, yang pastinya membuat tidak nyaman. Bahkan salah satu penelitian menganggap kebiasaan itu tidak ada manfaatnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Comte Jean dan Denis Rouillon dari University of Franche menemukan bahwa menggunakan bra dalam jangka panjang tidak menimbulkan manfaat apa-apa.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomis, payudara tidak mendapatkan manfaat dari kehilangan gravitasi," jelas tim peneliti.

2. Payudara jadi lebih sehat

Pada di studi yang sama, Rouillon menemukan tidak menggunakan beha justru membuat payudara wanita menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, efek jangka panjang tidak menggunakan bra juga membuat lebih banyak jaringan otot yang tumbuh.

3. Sirkulasi darah menjadi lancar

Saat wanita tidak menggunakan bra, bisa membuat aliran darah di sekitar dada menjadi lebih lancar. Hal ini bisa membantu membangun jaringan otot dan menjaga kulit tetap kencang.

4. Menjaga bentuk payudara

Sebuah penelitian mengungkapkan saat wanita tidak menggunakan bra, puting payudaranya rata-rata lebih tinggi 7 milimeter. Hal inilah yang membuat bentuk payudara menjadi lebih indah.

5. Mudah menyadari adanya perubahan

Saat melepas bra, kamu bisa melakukan gerakan SADARI (periksa payudara sendiri) agar mengetahui apakah ada benjolan yang bisa berpotensi menjadi kanker. Akan lebih efektif jika gerakan SADARI ini dilakukan 7-10 hari setelah masa menstruasi.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat No Bra Day 2020