Rabu, 14 Okt 2020 05:56 WIB

4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Manfaat minum kopi di pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Pasalnya, kopi tidak hanya menahan rasa kantuk tetapi juga membakar lemak hingga mencegah depresi.

Meski demikian, konsumsi kopi yang salah dan berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Sebab, asupan kafein yang terlalu tinggi bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Para pecinta kopi tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk minum kopi dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan.

Dikutip dari Health, berikut 4 cara sehat dan aman minum kopi:

1. Minum segelas air

Sebelum kamu menikmati kopi di pagi hari. Sebaiknya, mengkonsumsi air putih terlebih dahulu. Hal ini karena kopi bersifat diuretik (memicu kehilangan cairan), sehingga minum segelas air dapat membantu tetap terhidrasi dengan baik.

2. Takaran gula

Jika tetap ingin menambahkan gula dalam secangkir kopi, disarankan menggunakan sendok gula sebagai takaran agar tidak berlebihan. American Heart Association mengatakan bahwa asupan gula harian yang disarankan adalah enam sendok teh.

3. Hindari pemanis buatan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan stroke. Jadi, hindari gula tambahan atau menggunakan secukupnya.

4. Menambahkan rempah

Beberapa orang menganggap cara ini aneh. Pada dasarnya minum kopi tidak dicampur apapun. Tetapi, tidak salahnya menambah rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Hal ini karena tidak hanya memberikan rasa dan aroma kopi, rempah juga meningkatkan antioksidan di dalamnya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)