Selasa, 06 Okt 2020 06:54 WIB

Sebaiknya Tidak Minum Kopi Berlebihan di Pagi Hari, Ini Alasannya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Sebaiknya tidak berlebihan minum kopi di pagi hari (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Untuk mengatasi kantuk dan menjaga konsentrasi, beberapa orang rutin minum kopi di pagi hari. Minuman kopi memiliki ragam variasi yang disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak remaja hingga orang tua.

Banyaknya varian kopi membuat seseorang ketagihan untuk minum kopi. Padahal, minum kopi secara berlebihan di pagi hari pada beberapa orang bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh apalagi jika memiliki sakit lambung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information mengatakan bahwa kopi memicu peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan gejala seperti kembung, gangguan pencernaan, dan mulas. Kopi berlebihan di pagi hari disebut mempengaruhi lapisan perut sehingga menjadi sensitif.

Praktisi kesehatan di Push Doctor, Dr Adam Simon, menjelaskan terlalu banyak minum kopi di pagi hari membuat tubuh menjadi gemetar dan gelisah. Selain itu, minum kopi saat perut kosong di pagi hari akan meningkatkan jumlah air yang keluar sehingga risiko terkena dehidrasi.

"Ini dapat mempengaruhi denyut nadi kamu, menyebabkan detak jantung tidak teratur dengan memberi tekanan pada jantung sehingga dapat mempengaruhi tekanan darah," jelas Dr Simon, dikutip dari Cosmopolitan.

Nah detikers, jangan terlalu banyak minum kopi di pagi hari. Jika ingin minum kopi, sebaiknya sarapan terlebih dahulu.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)