Senin, 21 Sep 2020 21:40 WIB

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Pasangan Susah Punya Keturunan

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Romantic couple at home. Attractive young woman and handsome man are enjoying spending time together. Sitting on the floor in light modern kitchen. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Beberapa di antaranya berhubungan dengan kebiasaan buruk yang sebenarnya bisa dihindari.

Misalnya kebiasaan merokok. Pada pria, racun yang terkandung dalam rokok dipercaya menurunkan kualitas sel sperma. Contoh lainnya adalah junk food, karena lemak tidak sehat juga berpengaruh pada sistem reproduksi.

Selengkapnya, berikut 5 hal bisa mengganggu kesuburan, dikutip dari Very Well Family:

1. Terlalu sering begadang

Terlalu sering begadang bisa mengganggu kesuburan. Beberapa penelitian menemukan kebiasaan begadang membuat menstruasi tidak teratur dan kondisi ini dapat menjadi gejala masalah kesuburan.

Begadang juga menyebabkan masalah berat badan. Bagi wanita, obesitas bisa menyebabkan masalah ovulasi sedangkan pria menghasilkan sperma yang tidak sehat.

2. Minum kopi berlebihan

Satu cangkir kopi per hari tidak akan merusak kesuburan, tetapi minum beberapa cangkir sehari bisa mengganggu kesuburan. Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi kopi lebih dari 300 mg sehari dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran.

3. Makanan junk food

Makanan junk food menyebabkan peningkatan pada gula darah sehingga risiko terkena diabetes. Insulin dan kesuburan sangat berhubungan, ini bisa mengganggu kesuburan.

4. Minum alkohol berlebihan

Sebuah studi meneliti air mani pada pria alkoholik dan menemukan hanya 12 persen yang menghasilkan sperma yang normal dan sehat. Sebuah studi lain menemukan bahwa wanita yang minum alkohol seminggu tiga kali atau lebih berisiko membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

5. Merokok

Bagi wanita merokok bisa merusak telur saat berkembang di ovarium, sedangkan pria merokok bisa menurunkan kualitas air mani dan menyebabkan kadar hormon menjadi tidak normal yang kemudian berdampak buruk pada kesuburan.

Selain itu, perokok pasif dapat mempengaruhi kesuburan. Beberapa penelitian menemukan bahwa perokok pasif menurunkan kesuburan wanita.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)