Kamis, 01 Okt 2020 06:17 WIB

Berapa Batas Aman Minum Kopi dalam Sehari? Ini Kata Pakar

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Terlalu banyak minum kopi bisa memicu asam lambung (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat mengantuk, kopi menjadi pilihan yang pas. Kopi menjadi minuman ajaib yang membuat seseorang bangun dengan segar di pagi hari. Adanya kafein di dalam kopi membuat seseorang lebih terjaga.

Minum kopi setiap hari sebetulnya tak masalah, tetapi bisa menjadi masalah jika konsumsinya berlebihan. Apalagi dengan banyak tambahan seperti gula, krimer, krim, dan lain-lain yang akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Lantas, berapa batas aman minum kopi dalam sehari?

Ahli gizi Mehar Rajput mengatakan bahwa idealnya takaran minum kopi bagi orang sehat dan tidak sensitif terhadap kafein adalah dua sampai tiga cangkir per hari. Batas maksimalnya adalah empat cangkir kopi karena biasanya secangkir kopi mengandung 95-100 miligram kafein.

Meskipun minum kopi aman untuk orang dewasa, disarankan untuk tidak dicampur dengan zat lain seperti alkohol. Jangan berlebihan minum kopi karena semakin banyak asupan kafein dapat menyebabkan gejala gelisah, pusing, insomnia, mudah tersinggung, dan detak jantung tidak stabil.

"Lebih banyak konsumsi kopi menyebabkan keasaman dan dehidrasi sehingga membuat tekanan darah tinggi. Selain itu, bisa mengiritasi lapisan usus dan terkena sindrom usus sensitif (IBS)," jelas Mehar Rajput dikutip dari NDTV Food.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)