Selasa, 22 Sep 2020 06:02 WIB

4 Asupan yang Bantu Memperlancar BAB di Pagi Hari

Elsa Himawan - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Susah BAB juga bisa memicu serangan jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Susah buang air besar (BAB) di pagi hari cukup menyiksa. Bukan hanya membuang banyak waktu percuma dengan dudu berlama-lama di toilet, rasanya pun tidak nyaman.

Pagi hari disebut sebagai waktu yang paling ideal untuk BAB. Menurut dr Sarina Pasricha, MD yang merupakan seorang pakar gastroenterologi, usus besar manusia mulai berkontraksi lebih kuat saat di pagi hari, tepatnya ketika pertama kali bangun.

Namun karena banyak sebab, ada beberapa orang yang susah untuk melakukannya. Sudah duduk berlama-lama, kotoran yang keluar sangat sedikit dan tidak tuntas.

Dikutip dari Eat This, berikut beberapa asupan yang bisa membantu memperlancar.

1. Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi, bila air putih sangatlah baik untuk menghidrasi tubuh. Air putih dapat melancarkan pencernaan, sehingga kamu dapat dengan mudah buang air besar di pagi hari.

Selain itu, Benjamin Levy, MD, seorang ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Mount Sinai, mengatakan bahwa rajin minum air putih dapat mengatasi sembelit.

2. Kopi

Kafein yang terdapat dalam kopi menstimulasi kontraksi di usus besar. Hal ini dikarenakan kafein dari kopi dapat meningkatkan pelepasan gastrin (hormon penggerak lambung) yang dapat membuat lonjakan pada usus besar.

"Minum kopi saat sarapan dapat membantu merangsang gastrin yang menyebabkan kontraksi usus, sehingga dapat mempermudah mengeluarkan feses dari tubuh," jelas dr Levy.

3. Roti Gandum

Roti gandum memiliki banyak serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Roti gandum juga memiliki sejumlah manfaat, yaitu rendah kalori, mencegah obesitas, menurunkan risiko stroke dan diabetes.

4. Pisang

Kandungan serat yang tinggi dari pisang dapat menstimulasi usus besar, sehingga dapat membuat feses lebih mudah dikeluarkan. Pisang juga dipercaya sangat bagus untuk mengatasi diare.



Simak Video "Lakukan 2 Hal Ini untuk Atasi Bayi Sembelit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)