Jumat, 16 Okt 2020 10:27 WIB

Gejala COVID-19 Lansia & Komorbid Beda dari Orang Biasa, Apa Saja?

Yudistira Imandiar - detikHealth
pengobatan lansia Foto: shutterstock
Jakarta -

Gejala umum COVID-19 bisa saja tidak muncul pada lansia dan orang dengan komorbid yang terpapar virus Corona. Mereka justru mengalami gejala lain yang cenderung sulit diprediksi sebagai tanda-tanda COVID-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Dr. dr. Czeresna Heriawan Soejono mengungkapkan, gejala batuk, sesak napas, dan kehilangan indera penciuman yang menjadi gejala umum COVID-19, sering kali tidak ditemukan pada lansia dan orang berkomorbid. Oleh sebab itu, menurut dr. Soejono, dua kategori tersebut mesti mendapatkan perhatian yang lebih serius.

"Lansia dan komorbid ini perlu perhatian khusus, lebih ketat monitoringnya karena gejalanya khas sekali," ujar dr. Soejono dikutip dari situs covid19.go.id, Jumat (16/10/2020).

Ia memaparkan, alih-alih menunjukkan gejala umum COVID-19, beberapa pasien lansia dan orang berkomorbid mengalami gejala lain, seperti kehilangan nafsu makan, terjadi perubahan perilaku, hingga kehilangan kesadaran. Menurut dr. Soejono, penyakit bawaan lansia atau orang berkomorbid akan semakin memperparah gejala yang dialami.

Kepala Staf Medik Fungsional Pulmonologi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, dr. Adria Rusli, Sp.P (K) menambahkan, perhatian keluarga sangat dibutuhkan demi mengantisipasi paparan COVID-19 pada lansia dan orang berkomorbid. Mereka harus ditempatkan di lingkungan yang bersih, mengonsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup.

"Kalau sudah kena berat sekali dan tinggi angka kematiannya," timpal dr. Adria.

Ia berpesan, anggota keluarga maupun pengasuh lansia atau orang berkomorbid mesti patuh terhadap protokol kesehatan. Makanan yang dipesan dari luar pun mesti dipastikan kebersihannya, agar tak menimbulkan risiko penularan virus Corona.

Demi melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar, terutama lansia dan orang berkomorbid, yuk selalu #IngatPesanIbu untuk menerapkan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir, dan menjaga jarak. Hal itu sesuai dengan yang selalu dikampanyekan Satgas COVID-19 untuk menekan penyebaran virus Corona.



Simak Video "Langkah Satgas Terkait Tren Kasus Covid-19 RI yang Konsisten Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)