Sabtu, 17 Okt 2020 11:05 WIB

Kasus COVID-19 Muncul Terus, China Tes 9 Juta Warganya dalam 5 Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
A medical staff takes a swab from a woman as residents line up for the COVID-19 test near the residential area in Qingdao in east Chinas Shandong province, Monday, Oct. 12, 2020. Chinas government says all 9 million people in the eastern city of Qingdao will be tested for the coronavirus this week after nine cases linked to a hospital were found. The announcement Monday broke a string of weeks without any locally transmitted infections reported in China. (Chinatopix via AP) Tes Corona massal. (Foto: Chinatopix via AP)
Jakarta -

Pemerintah China melakukan tes COVID-19 kepada sekitar 9 juta penduduknya di kota Qingdao. Melansir BBC, langkah ini dilakukan setelah ditemukannya selusin kasus yang terkait dengan rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 dari luar negeri.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting ke situs media sosial China Weibo, Komisi Kesehatan Kota Qingdao mengatakan enam kasus baru dan enam kasus asimtomatik telah ditemukan. Semua kasus terkait dengan rumah sakit yang sama.

Komisi Kesehatan Nasional menyatakan pihak berwenang telah menyelidiki infeksi yang ditemukan pada delapan penderita di Rumah Sakit Paru Kota Qingdao dan satu anggota keluarga. Mereka juga mengatakan seluruh kota kemungkinan akan diperiksa dalam 5 hari.

Ma Lixin, wakil kepala dinas kesehatan provinsi, sebelumnya pada hari itu mengatakan bahwa kasus COVID-19 di rumah sakit muncul karena desinfeksi yang tidak tepat di ruang CT Scan.

Pengujian massal yang kerap dilakukan China telah berhasil menekan tingkat infeksi tetap rendah di negara tersebut. Sebelumnya, otoritas China juga menguji 11 juta warga Wuhan di awal Maret.



Simak Video "Ilmuwan Jerman Pamerkan Alat Uji Corona Baru yang Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)