Jumat, 23 Okt 2020 23:25 WIB

8 Cemilan Sehat Ibu Hamil Terbaik

Tim detikcom - detikHealth
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock/8 Cemilan Sehat Ibu Hamil Terbaik
Jakarta -

Nafsu makan ibu hamil cenderung meningkat ketimbang biasanya. Padahal pagi hari sudah sarapan, satu jam kemudian, ibu hamil bisa merasa lapar lagi. Karena itu ibu hamil bisa menyelingi makan dengan mengonsumsi cemilan sehat.

Menambah porsi cemilan selama hamil, ibu bisa mendapatkan sejumlah kalori ekstra per hari. Namun harus diingat, kalori tersebut harus padat nutrisi. Ibu hamil jangan sembarang memilih cemilan. Cemilan tidak sehat bisa meningkat risiko munculnya penyakit yang membahayakan kehamilan.

Berikut 8 cemilan sehat ibu hamil terbaik untuk calon ibu. Makanan itu membantu memenuhi kebutuhan Anda akan nutrisi penting kehamilan, mudah dicari, berukuran besar, dan memiliki kalori antara 200 dan 300 kalori dan tentunya rasanya enak.

Berikut 8 cemilan sehat ibu hamil dilansir baby center:

1. Apel

apple isolated on wood backgroundapple isolated on wood background Foto: iStock

Apel merupakan cemilan sehat ibu hamil terutama pada trimester pertama. Kebanyakan ibu hamil tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka. Padahal ibu hamil membutuhkan sekitar 28 sampai 30 gram serat setiap hari.

Jika tidak terpenuhi, hal itu bisa menjadi masalah seperti mual di pagi hari pada trimester pertama atau kembung. Untuk memastikan Anda mencapai target serat, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi banyak buah dan sayuran ke dalam makanan. Hal ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Satu apel sedang memiliki lebih dari 4 gram serat dan 95 kalori. Apel juga sangat renyah dan kulit apel penuh dengan pektin, serat larut yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Keju

Pilihlah keju cheddar. Setiap 1 ons keju cheddar mengandung 200 mg kalsium, yang memenuhi 20 persen kebutuhan harian Anda. Setiap irisan keju mengandung sekitar 110 kalori dan 9 gram lemak, jadi konsumsi satu atau dua irisan.


3. Telur dengan Roti Panggang

1 Telur (orak-arik atau digoreng) dengan roti panggang. Vitamin D membantu kalsium diserap dalam tubuh dan telah dipercaya dapat mencegah kanker, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi peradangan.

Selama kehamilan, penting untuk mendapatkan cukup vitamin D untuk membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi Anda dan untuk memastikan sistem kekebalan tubuh si kecil berfungsi dengan baik di luar rahim.

Wanita hamil membutuhkan 600 IU vitamin D setiap hari. Satu telur mengandung 20 IU vitamin D. Vitamin D ada di dalam kuning telur, jadi jangan membuang kuningnya tapi pastikan kuning telur sudah matang.

Kuning telur juga mengandung kolin, yang penting untuk perkembangan otak si kecil dan dapat membantu mencegah cacat lahir. Anda membutuhkan 450 mg kolin setiap hari.

4. Greek Yoghurt

Plain Greek Yogurt in a Bowl for BreakfastPlain Greek Yogurt in a Bowl for Breakfast Foto: iStock

Sebuah wadah kecil berisi greek yoghurt tanpa rasa dengan 1 cangkir blueberry dan 2 sendok makan kenari cincang.

Greek yoghurt sarat dengan protein. Untuk alasan yang sama, greek yoghurt menyediakan 15 persen kebutuhan kalsium harian Anda. Cemilan sehat ibu hamil itu juga mengandung probiotik, yang membantu Anda menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Greek yoghurt dengan topping blueberry segar mengandung hampir 4 gram serat dan 84 kalori, ditambah penambah antioksidan. Dua sendok makan kenari cincang (setengah ons) menambah 93 kalori, 1 g serat, dan lemak omega-3 yang sehat. Kacang kenari juga mengandung vitamin B biotin, yang membantu Anda mendapatkan energi dari makanan yang Anda makan.


5. Mangga, Granola, dan Keju Cottage

Semangkuk kecil keju cottage berlemak 1 persen dengan 1 cangkir mangga potong dadu dan 2 sendok makan granola berserat tinggi adalah salah satu cemilan sehat ibu hamil. Secangkir keju cottage ukuran camilan (4 ons) memberi Anda 69 mg kalsium dan 14 g protein, serta 81 kalori.

1 Cangkir mangga cerah dan berair juga mengandung 71 mikrogram (mcg) folat, vitamin B yang berperan penting dalam perkembangan saraf, dan sumsum tulang belakang bayi Anda.


6. Semangka dengan Jeruk Nipis

Semangka mengandung 92 persen air. Buah dengan rasa manis ini akan membantu Anda tetap terhidrasi selama kehamilan trimester kedua.

Setiap cangkir semangka potong dadu memiliki 170 mg potasium. Anda juga bisa membuat jus semangka sendiri dengan mencampurkannya dengan air jeruk nipis atau lemon segar, lalu menyaring campurannya melalui saringan jaring halus. Lalu, dinginkan dan minum.


7. Alpukat dan Crackers

Setengah buah alpukat dioleskan ke dalam 1 potong crackers. Jika Anda pernah mengalami kram kaki selama kehamilan trimester ketiga, inilah saatnya untuk makan lebih banyak alpukat.

Kekurangan potasium dapat menyebabkan otot kaki kram. Separuh dari buah yang lembut dan lezat ini mengandung 345 mg potasium, 114 kalori, dan hampir 5 g serat.

Selama kehamilan Anda membutuhkan 4.700 mg mineral setiap hari. Penuhi kebutuhan serat Anda dengan memakan biskuit gandum, biskuit rendah natrium, atau roti renyah, yang mengandung hampir 2 gram serat per biskuit dengan 37 kalori.

8. Wafel dengan Mentega Almond dan Pir

Terkadang ibu hamil menyukai makanan yang manis. Konsumsi wafel atau roti panggang dengan mengolesinya dengan mentega almond alami adalah cemilan sehat ibu hamil terbaik.

Mentega almond mengandung 3 gram protein dan lebih dari 1,5 g serat di setiap sendok makan dan 98 kalori. Lapisi pir di atasnya untuk mendapatkan rasa manis alami dan serat ekstra.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)