Minggu, 25 Okt 2020 09:40 WIB

Mumpung Akhir Pekan, Ini 4 Manfaat Tidur Siang

Elsa Himawan - detikHealth
Perempuan menanggalkan sepatu olahraganya dan tidur di sofa. Mumpung akhir pekan, sempatkan tidur siang (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Masih banyak yang menganggap jika tidur siang itu hanya cocok dilakukan oleh anak-anak atau orang yang malas bekerja. Tidur siang dianggap sebagai aktivitas yang tidak produktif.

Namun, sebaliknya tidur siang merupakan sebuah kegiatan yang sangat berguna dan memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh. Selain karena alasan malas, sebagian besar orang merasa tidak perlu melakukan tidur siang karena banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan.

Dikutip dari laman WebMD, berikut manfaat tidur siang:

1. Dapat meningkatkan daya ingat

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang berperan penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu mengingat hal-hal yang kamu lakukan di awal hari hingga tidur malam yang nyenyak. Tidur siang juga berfungsi untuk meningkatkan keterampilan motorik, persepsi indra, dan juga ingatan verbal.

2. Dapat meningkatkan mood

Saat merasa sedih, cobalah tidur untuk memperbaiki mood. Tidur siang selama satu jam dapat mencerahkan pikiran. Para ahli mengatakan bahwa relaksasi yang berasal dari tidur atau istirahat di siang hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati.

3. Dapat membantu menurunkan tekanan darah

Tidur siang sangat mempengaruhi detak jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit dapat mengalami penurunan tekanan darah setelah mengalami tekanan mental. Jadi, tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi yang penuh tekanan.

4. Membuat tidur malam lebih nyenyak

Meskipun tampak tidak masuk akal, tidur siang dapat membantu orang untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Studi menunjukkan tidur siang sekitar 30 menit antara jam 1 siang dan jam 3 sore dan setelahnya melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan dan peregangan di malam hari, rupanya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur malam.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)