Selasa, 27 Okt 2020 13:12 WIB

Jadi Vegan Belum Tentu Bebas Kolesterol, Serius?

Faidah Umu Safuroh - detikHealth
Ilustrasi Vegan Foto: shutterstock
Jakarta -

Vegetarian sering dikenal sebagai pola gaya hidup sehat. Para penganut vegetarian hanya memakan bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mereka biasanya menghindari daging atau makanan yang bersumber dari hewan.

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, daging merah merupakan salah satu sumber kolesterol. Sehingga banyak orang yang mengira seorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging akan terbebas dari kolesterol.

Padahal sebenarnya tidak juga. Seorang vegetarian masih memiliki risiko kolesterol tinggi. Melansir Women's Health dan beberapa sumber lain, berikut alasan vegetarian juga bisa terkena kolesterol tinggi.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang digunakan untuk menggoreng makanan bisa menjadi sumber lemak jenuh dan membuat kadar kolesterol naik. Kamu bisa mengganti makanan goreng-gorengan tersebut dengan makanan yang direbus atau dibakar.

2. Mentega

Begitu juga dengan mentega, vegetarian juga tidak memiliki halangan dalam mengkonsumsi mentega. Mentega biasanya terkandung di dalam kue, pop corn, hingga biskuit camilan. Nah, dari makanan-makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan akan menjadi cikal bakal kolesterol tinggi.

3. Santan

Santan berguna untuk menambah cita rasa dalam masakan. Misalnya pada menu lontong sayur. Meskipun namanya sayur, tapi ada santan di dalamnya yang menjadi sumber kolesterol, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Kolesterol memang tak bisa dihindari, kendati kamu adalah seorang vegetarian. Bahkan, makanan berkolesterol juga tidak perlu dihindari, tapi harus dikontrol asupan dan kadarnya agar bisa bermanfaat bagi tubuh.

Sebab, jika tidak dikontrol dan kadar kolesterol menjadi terlalu tinggi, maka hal itu bisa meningkatkan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Pasti kamu nggak mau, kan?

Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol, kamu harus memperhatikan asupan makanan, berolahraga dan bisa dibantu dengan mengkonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Ko



Simak Video "Diet Vegan, Eva Celia Tanam Tanaman Hidroponik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)