Selasa, 27 Okt 2020 14:23 WIB

Orang-orang Ini Adalah 'Patient Zero' Berbagai Wabah Penyakit di Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sakit Patient zero adalah julukan untuk orang pertama yang terinfeksi dan memulai wabah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ketika suatu penyakit baru mewabah, pertanyaan yang sering muncul biasanya adalah dari mana penyakit tersebut berasal dan siapa saja yang terinfeksi. Terkait itu istilah "patient zero" diberikan pada orang-orang yang diketahui jadi pasien pertama penyakit tersebut.

Sejarah mencatat ada beberapa orang dengan sebutan patient zero berbagai wabah penyakit terkenal di dunia. Siapa saja? Berikut penjelasannya seperti dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Mary Mallon

Mary Mallon adalah patient zero dari wabah penyakit demam tifoid di New York tahun 1900-an yang menyerang sekitar 3.000 orang. Saat itu Mary yang bekerja sebagai koki menjadi terkenal karena sebagian yang mengonsumsi masakannya jatuh sakit.

Pada akhirnya Mary diketahui sebagai pembawa bakteri penyebab demam tifoid, namun ia sendiri tidak mengalami gejala.

Mary bertahun-tahun menjalani masa karantina dan mendapat julukan "Typhoid Mary".

2. Mabalo Lokela dan Emile Ouamouno

Mabolo Lokela adalah seorang guru dari Republik Demokratik Kongo. Ia diketahui merupakan patient zero dari wabah virus ebola pertama di dunia.

Dokter awalnya mendiagnosa Mabalo dengan malaria saat mengalami demam tinggi usai bepergian. Namun, setelah dua minggu dirawat gejala semakin parah hingga akhirnya ia meninggal dunia.

Virus Ebola kemudian bersirkulasi di desa asal Mabalo dan menyebar semakin luas.

Pada tahun 2014 seorang balita bernama Emile Ouamouno disebut menjadi patient zero wabah Ebola besar berikutnya. Wabah Ebola di Afrika Barat yang berlangsung sampai tahun 2016 ini diprediksi merenggut sekitar 11.000 nyawa.

Emile dicurigai terinfeksi ebola dari interaksi dengan kelelawar buah.

3. Dr Liu Jianlin

Liu Jianlin adalah seorang dokter dari Provinsi Guangdong, China, menjadi patient zero wabah virus Corona penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) di tahun 2002. Sebelum meninggal karena penyakitnya, Liu disebut menginfeksi sekitar 12 orang lain yang kemudian menyebarkan virus tersebut ke beberpaa negara.

Selama sembilan bulan SARS mewabah, diprediksi 774 orang dari 37 negara meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]