Rabu, 28 Okt 2020 14:49 WIB

Peneliti Gunakan 'Rumus' Berburu Alien untuk Prediksi Persebaran COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Science and education concept. AI (Artificial Intelligence). Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/metamorworks)
Jakarta -

Persamaan Drake atau Drake Equation yang terkenal dalam perburuan kehidupan alien telah menginspirasi model baru untuk memprediksi kemungkinan penularan COVID-19.

Model baru ini pada dasarnya merupakan persamaan tunggal dengan beberapa istilah, lalu dikalikan bersamaan. Nantinya, akan keluar risiko penularan COVID-19 melalui udara.

Para peneliti menginginkan untuk bekerja menggunakan rumus matematika sederhana yang signifikan secara historis, yakni dikenal sebagai Persamaan Drake. Model ini pun sebelumnya digunakan untuk mencari kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa.

Persamaan Drake dihitung menggunakan tujuh variabel dan menyediakan kerangka yang mudah dipahami, untuk melihat jumlah peradaban alien.

"Masih banyak kebingungan soal penularan COVID-19. Karena, tidak ada bahasa umum yang mudah untuk memahami faktor resiko yang terlibat," jelas penulis studi dan profesor Departemen Teknik Mesin di John Hopkins University, Rajat Mittal, seperti dilansir dari laman Live Science.

Selain itu, Rajat saat ini tengah sedang mencari tahu bagaimana seseorang bisa terinfeksi COVID-19. Jika dapat memvisualisasikan lebih jelas dan kuantitatif, mereka dapat memutuskan kegiatan mana yang perlu dilakukan dan dihindari.

Model baru ini dipecah dalam tiga tahap. Pertama penularan droplet mengandung virus dari orang yang terinfeksi Corona ke udara. Lalu, tahap penyebaran droplet. Terakhir, droplet dihirup oleh orang yang rentan.

Secara keseluruhan, model tersebut memiliki 10 variabel dalam penularan COVID-19. Termasuk mengenai tingkat pernapasan orang terinfeksi dan rentan, jumlah partikel virus droplet yang dikeluarkan dan jumlah waktu seseorang untuk terpapar.

Para peneliti juga menggunakan model lain yang disebut ketidaksetaraan Contagion Airborne Transmission (CAT).



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)