Rabu, 28 Okt 2020 18:54 WIB

Round-Up

Terungkap, Pangeran Brunei Abdul Azim Idap Vaskulitis Sebelum Meninggal

Ayunda Septiani - detikHealth
Haji Abdul Azim Abdul Azim meninggal dunia pada usia 38 tahun. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Belum lama ini, kabar duka datang dari Brunei Darussalam. Pangeran Brunei Darussalam Pangeran Haji Abdul Azim. Ia meninggal dunia pada usia 38 tahun pada Sabtu (24/10/2020).

Soal kondisi kesehatan Pangeran Azim diungkap dalam unggahan akun pribadi milik adik kandungnya, Abdul Mateen. Disebutkan, Abdul Azim mengidap penyakit autoimun vaskulitis sistemik. Kondisinya disebut 'severe' atau parah sehingga berdampak pada komplikasi.

Selain berjuang melawan penyakit vaskulitis sistemik, Pangeran Abdul Azim juga berjuang melawan kondisi gangguan bipolar. Meninggalnya Pangeran dipicu oleh kegagalan multi organ.

"Pada akhirnya, kakak saya mengalami kegagalan multi organ yang disebabkan infeksi menetap, terkait penyakit autoimun, yang membuatnya meninggal pada pagi hari, 24 Oktober 2020," tulis Pangeran Mateen di akun Instagram @tmski.

Dikutip dari laman Sky News, sang pangeran disebut sempat dirawat di rumah sakit dalam beberapa waktu. Hal ini dilaporkan media lokal setempat.

Apa itu vaskulitis?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, vaskulitis merupakan suatu kondisi radang pembuluh darah yang bisa menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah.

Perubahan ini juga bisa berupa penebalan, penyempitan, dan pelemahan pada dinding pembuluh darah. Hal ini bisa menghambat aliran darah dan mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh.

Apa penyebab vaskulitis? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gegara COVID-19, Indonesia 'Ditakuti' Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]