Jumat, 30 Okt 2020 16:25 WIB

Perusahaan Farmasi Asal Prancis Ini Bikin Vaksin COVID-19, Segini Harganya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Illustrative picture of covid-19 coronavirus vaccine vial Foto: Getty Images/iStockphoto/Manjurul
Jakarta -

Perusahaan farmasi asal Prancis, Sanofi, mengembangkan vaksin COVID-19 yang direncanakan rampung pada pertengahan tahun depan.

Saat ini Sanofi juga tengah bekerja sama dengan GlaxoSmithKline (GSK) Inggris dalam pengembangan vaksin. Pada awal September lalu, Bogillot mengungkap harga vaksin sekitar 10 euro atau Rp 175 ribu per dosis.

"Harga belum sepenuhnya ditetapkan, kami menilai biaya produksi untuk beberapa bulan mendatang diperkirakan akan di bawah 10 euro," kata Bogillot kepada radio France Inter, dikutip dari Reuters.

Seorang juru bicara Sanofi mengatakan dalam pernyataan melalui surel bahwa harga akhir akan diputuskan ketika vaksin sudah melalui tahap pengujian terakhirnya.

"Kami mengantisipasi untuk dapat menentukan harga akhir pada saat uji coba tahap III. Ketika kami mengetahui lebih banyak tentang dosis. Pada tahap ini, angka apa pun tidak tepat. Kurang dari 10 euro hanyalah salah satu hipotesis yang sedang kami perkirakan," papar pernyataan resmi tersebut.

Sanofi dan GSK menargetkan bisa melalui tahap uji klinis akhir atau fase 3 pada Desember mendatang. Apabila hasil memuaskan, Sanofi dan GSK berharap vaksin itu bisa disetujui pada paruh pertama tahun depan.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)