Minggu, 01 Nov 2020 11:14 WIB

Sean Connery hingga Robin Williams, Deretan Pesohor yang Idap Demensia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Scottish actor Sean Connery in Amsterdam on a location shoot for the latest James Bond film, Diamonds are Forever, 4th July 1971. (Photo by Jack Kay/Daily Express/Getty Images) Meninggal di usia 90, pemeran James Bond Sean Connery mengidap demensia (Foto: Jack Kay/Daily Express/Getty Images)
Jakarta -

Meninggal di usia 90 tahun, aktor legendaris Sean Connery disebut mengidap demensia atau pikun. Gangguan fungsi otak yang mempengaruhi daya ingat tersebut cukup sering ditemukan dalam keseharian.

Riwayat demensia yang diidap pemeran James Bond tersebut diungkap istri keduanya, Micheline. Sebelumnya pada 2013, Sean juga pernah dirumorkan mengidap sejenis penyakit pikun yakni Alzheimer, namun saat itu kabar tersebut telah dibantah.

Deretan tokoh ternama yang juga mengidap demensia antara lain sebagai berikut:

1. Robin Williams

Aktor komedi Robin Williams mengidap penyakit saraf Parkinson beberapa bulan sebelum ditemukan meninggal pada 2014. Dalam autopsi, ditemukan bahwa Williams juga mengidap Lewy body dementia (LBD), salah satu jenis kepikunan yang progresif atau memburuk dengan cepat.

2. Charles Bronson

Aktor laga asal Amerika Serikat, Charles Bronson, meninggal di usia 81 tahun pada 2003 karena pneumonia. Meski tidak terkait langsung dengan kematiannya, Charles disebut mengidap salah satu jenis kepikunan yakni penyakit Alzheimer.

3. Malcolm Young

Rocker Australia yang tergabung dalam grup AC/DC, Malcolm Young, meninggal pada 2017 pada usia 64 tahun. Ia pensiun dari grup band yang melambungkan namanya tersebut pada 2014 untuk menjalani perawatan demensia. Penyakit tersebut turut berkontribusi terhadap kematiannya pada 18 November 2017.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pola Hidup Pandemi Ganggu Kecerdasan dan Daya Ingat"
[Gambas:Video 20detik]