Senin, 02 Nov 2020 05:03 WIB

5 Fakta Demensia, 'Penyakit' yang Diidap Sean Connery Sebelum Meninggal

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Scottish actor Sean Connery in Amsterdam on a location shoot for the latest James Bond film, Diamonds are Forever, 4th July 1971. (Photo by Jack Kay/Daily Express/Getty Images) Sean Connery mengidap demensia (Foto: Jack Kay/Daily Express/Getty Images)
Jakarta -

Pemeran James Bond 007, Sean Connery, meninggal di usia 90 tahun. Istri keduanya, Micheline, mengungkap sang aktor mengidap demensia atau pikun.

Sean Connery meninggal dalam tidurnya ketika tengah berada di Bahama. Sebelumnya, tidak diketahui penyakit apa yang memicu kematian pria kelahiran Skotlandia tersebut.

Pada 2013, rumor memang menyebut Sean Connery mengidap Penyakit Alzheimer. Ini adalah salah satu penyebab pikun atau demensia yang paling umum ditemukan. Namun saat itu, rumor tersebut dibantah.

Demensia merupakan sekelompok gejala yang menyertai kerusakan fungsi otak, khususnya daya ingat. Anggapan bahwa pikun merupakan bagian normal dari penuaan adalah mitos, karena tidak semua orang mengalaminya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta demensia.

1. Bukan penyakit

Demensia itu sendiri bukanlah penyakit, melainkan sekelompok gejala yang mencakup berkurangnya fungsi mengingat dan kognitif. Ada banyak penyakit yang bisa memicu demensia, salah satunya Penyakit Alzheimer. Seperti halnya penyakit lain, Alzheimer bisa dicegah sebelum memburuk.

2. Tak cuma menyerang lansia

Penting untuk dicatat, demensia bukan bagian normal dari penuaan. Lansia memang paling banyak mengalaminya, tetapi bukan berarti generasi muda tidak bisa mengalaminya. Diperkirakan ada 200 ribu orang berusia di bawah 65 tahun yang mengidap Alzheimer.

3. Alzheimer adalah salah satu jenis demensia

Penyakit Alzheimer dan pikun kerap dianggap sama, padahal tidak demikian. Tidak semua pikun atau demensia disebabkan oleh Alzheimer, meskipun penyakit ini merupakan salah satu jenis pikun yang paling banyak ditemukan. Ada jenis demensia lain seperti Lewy Body Dementia (LBD) seperti diidap aktor Robin Williams.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pola Hidup Pandemi Ganggu Kecerdasan dan Daya Ingat"
[Gambas:Video 20detik]