Jumat, 06 Nov 2020 14:00 WIB

Tercemar Bahan Pemicu Kanker, Obat Diabetes yang Ditarik FDA Banyak Dipakai

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi obat Obat diabetes yang ditarik FDA karena tercemar masih banyak dipakai. (Foto Ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Obat diabetes metformin ditarik dari peredaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), karena adanya cemaran Nitrosodimethylamine (NDMA) yang bisa memicu kanker. Metformin yang ditarik berasal dari perusahaan farmasi Nostum Laboratories dengan jenis Metformin HCl Extended Release Tablets, USP 750 MG.

Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Ketua Umum Perkumpulan PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) menjelaskan hanya beberapa obat metformin yang ditarik, yang dipastikan mengandung NDMA. Ia juga menegaskan bahwa yang berbahaya adalah zat NDMA, bukan obat metformin itu sendiri.

"Metforminnya sendiri tidak masalah, zat pembawanya itu yang bermasalah. Obat itu kan nggak hanya zat aktif, ada pembawanya juga. Bukan bahan aktif metforminnya yang bahaya," tegasnya pada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Penggunaan obat metformin di Indonesia sendiri selama ini bekerja dengan baik pada pasien diabetes. Selain itu harga metformin disebutnya terbilang murah.

"Di Indonesia sendiri metformin sangat dipakai, obat paling murah dan bagus untuk diabetes. Metformin sendiri nggak berisiko berbahaya," lanjutnya.

Seberapa penting metformin ini untuk pasien diabetes?

Dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis Endokrin-Metabolik-Diabetes Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE, menjelaskan obat metformin ini termasuk obat lama. Obat ini merupakan first line treatment atau pengobatan pertama untuk para pasien diabetes.

"Metformin obat lama dan bagus dan murah dan merupakan first line treatment untuk diabetes, selama tidak kontra indikasi," jelas Prof Sidartawan saat dihubungi detikcom, Jumat (6/11/2020).

Menurutnya, dengan obat metformin yang diketahui bagus dan murah ini sepertinya tidak akan pernah habis tersedia untuk para pasien diabetes.

"Jadi agaknya tidak akan pernah habis," lanjutnya.

Apa fungsi obat metformin? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "FDA Tarik Produk Metformin, BPOM Pastikan RI Aman"
[Gambas:Video 20detik]