Jumat, 06 Nov 2020 14:20 WIB

Viral Kecoa Hidup di J.Co, Ini Bahaya yang Mengintai Jika Hinggap di Makanan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral Netizen Temukan Kecoa Hidup di J.Co, Apa Kata Manajemen? Viral kecoa hidup di JCo. (Foto: tiktok @auliarachman_29)
Jakarta -

Baru-baru ini viral netizen membagikan video yang merekam adanya kecoa di etalase J.Co. Netizen ini sempat protes namun protesnya diabaikan meskipun kecoa masih berkeliaran dekat makanan.

Video ini diunggah dalam akun TikTok @auliarachman_29. Sang pemilik akun, Aulia menyebut beberapa kecoa ditemukan berkeliaran di area meja menyimpan makanan.

"Lagi antri beli J,Co tiba-tba liat ini dimana-mana. Literally dimana-mana! bukan cuma etalase buah aja, di tempat botol sampe ada 5. Udah bilang ke masnya tapi pas aku liat masih ada aja itu kecoa deket botol-botol," tulis Aulia pada unggahan videonya.

Kecoa menjadi salah satu serangga yang bisa membawa bakteri karena sering berada di lingkungan kotor termasuk tempat sampah. Apa dampaknya jika kecoa sempat hinggap di makanan yang akan kita konsumsi?

Viral Netizen Temukan Kecoa Hidup di J.Co, Apa Kata Manajemen?Viral Netizen Temukan Kecoa Hidup di J.Co, Apa Kata Manajemen? Foto: tiktok @auliarachman_29

Dikutip dari Healthline, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), menyebut kecoa membawa bakteri, dapat menyebabkan salmonella, staphylococcus, dan streptococcus.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika kecoa hinggap di makanan, ada beberapa penyakit yang bisa timbul. Seperti gangguan pada usus, disentri, diare, kolera, bahkan demam tifoid. Kecoa akan memuntahkan air liur dan cairan pencernaan di atasnya yang menyimpan kuman dan bakteri dari usus mereka.

Agar makanan tidak mudah dihinggapi kecoa, berikut tips yang perlu kamu tahu.

- Rutin membuang seluruh isi tempat sampah.

- Memastikan posisi tempat sampah luar berada jauh dari rumah.

- Membersihkan bagian belakang dan bawah kompor, lemari pendingin, dan peralatan sejenisnya.

- Membersihkan seluruh area dapur dan area persiapan makanan dengan lebih teliti.

- Membersihkan tumpahan atau remahan makanan dengan teliti.

- Memastikan tidak terdapat air yang menetes karena kecoa membutuhkan air untuk bertahan hidup.

- Tidak meninggalkan sisa makanan di tempat terbuka.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Kecoa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)