Sabtu, 07 Nov 2020 20:00 WIB

Viral Remaja Tak Suka Minum Air Putih, Ini 7 Tanda Tubuh Kurang Air

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Remaja mengaku tak suka minum air putih hingga akhirnya terkena infeksi saluran kemih Viral curhat remaja yang tidak suka minum air putih. (Foto: Tangkapan Layar Viral)
Jakarta -

Di media sosial viral cerita seorang remaja yang mengaku tidak suka minum air putih. Ia lebih suka mengkonsumsi minuman bersoda, boba, es, hingga minuman berasa lainnya.

Akibatnya, kini ia mengidap penyakit infeksi saluran kemih atau ISK. Remaja dengan akun TikTok pribadinya @itsmariaxcx ini sempat tidak sadarkan diri, sehingga harus dilarikan ke klinik.

"Dari dulu gak pernah suka minum air putih. Selalu minum2an yg berasa dan yg paling sering itu soda," tulis @itsmariaxcx dalam video yang viral.

Sebelumnya, ia mengeluh sering merasakan sakit yang luar biasa di bagian perutnya. Selain itu, ia juga sering demam tinggi pada malam hari, mual, hingga sering buang air kecil.

Sebagian besar tubuh yaitu 60 persennya terdiri dari air, agar tubuh menjadi sehat dan bisa membuang racun dari dalam tubuh. Dikutip dari Healthcare Associated of Texas, berikut ini 7 tanda jika kurang mengkonsumsi air putih.

1. Bau mulut

Air adalah elemen yang sangat penting untuk produksi air liur dan membantu menghilangkan bakteri, sehingga gigi dan gusi tetap terjaga kesehatannya. Jika kekurangan, bisa menghambat produksi air liur dan menyebabkan bakteri bisa menumpuk di lidah, gigi, serta gusi, sehingga membuat bau mulut.

2. Kelelahan

Kurang minum air putih juga bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Akibatnya volume darah menurun dan memberikan tekanan berlebih pada jantung yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke organ lainnya, termasuk otot.

Hasilnya, bisa menyebabkan tubuh terasa lelah dan merasa lesu jika kebutuhan air tidak tercukupi.

3. Sering sakit

Air putih juga membuang racun, limbah, dan bakteri dari tubuh untuk melawan penyakit serta infeksi agar sistem kekebalan semakin kuat. Jika tidak terpenuhi, bisa menyebabkan kelelahan, kurang aktif secara fisik, dan kondisi tubuh melemah hingga mudah sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]