Sabtu, 07 Nov 2020 22:00 WIB

Tips Memilih Pembersih yang Aman untuk Miss V

Farah Nabila - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Tips memilih pembersih untuk Miss V (Foto: iStock)
Jakarta -

Daerah kewanitaan adalah area yang spesial dan sangat sensitif. Kebersihan vagina perlu dijaga agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam menjaga kebersihan organ intim, produk pembersih kewanitaan dapat menjadi pilihan. Berbagai jenis produk pembersih membuat kita bingung untuk memilih mana yang terbaik.

Produk pembersih area kewanitaan dapat berupa sabun dengan pH yang seimbang dengan organ kewanitaan. Bahan dan kadar sabun juga perlu diperhatikan agar tetap aman digunakan bagi organ kewanitaan. Produk pembersih kewanitaan juga berguna untuk mencegah keputihan.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Dinda Derdameisya, SpOG, menjelaskan produk pembersih kewanitaan yang mengandung sirih baik untuk mencegah bakteri. Selain itu produk yang mengandung bahan aloe vera dan prebiotik juga baik untuk digunakan.

"Kemudian kadar sabunnya juga gimana, apakah sedikit atau banyak yang bagus kan yang detergen nya sedikit ya. Jadi pilih produk-produk yang itu yang memang sudah teruji secara klinis," ujar dr Dinda dalam diskusi online baru-baru ini.

Sebenarnya organ kewanitaan mampu membersihkan organnya sendiri. Namun lebih baik jika kita dapat menjaga pH di organ kewanitaan tetap asam.

"Jadi emang sebenarnya untuk orang-orang ada yang nggak masalah gitu nggak menggunakan pembersih hanya dengan membasuh air, tapi dengan kembali lagi kalau aktivitasnya tinggi, sering di rumah tapi suka males ganti pakaian dalamnya, itu kan kita mencegah keputihannya dengan memberikan asam ya menstabilkan keasaman di vagina," ujar dr Dinda.

Rutin mengganti pakaian dalam dan menjaga keadaannya tetap kering juga dapat menjaga kesehatan vagina. Penggunaan tisu untuk membersihkan area kewanitaan juga perlu diperhatikan. Tisu yang digunakan untuk membersihkan kotoran di area kewanitaan harus bersih dan higienis.



Simak Video "Membandingkan Efektivitas Sabun Berbusa vs Tak Berbusa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)