Minggu, 08 Nov 2020 14:28 WIB

5 Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami

Farah Nabila - detikHealth
Shot of a uncomfortable looking woman holding her head in discomfort due to pain at home during the day Cara alami mengatasi sakit kepala (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit kepala adalah kondisi rasa nyeri di kepala yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Tingkat rasa sakit kepala mulai dari tidak nyaman hingga sakit yang tidak tertahankan. Penyakit sakit kepala juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bila tidak cepat diatasi.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh makanan, stres, atau kegiatan yang memicu rasa sakit ini muncul. Meskipun berbagai jenis obat pereda sakit kepala tersedia di pasaran, sejumlah perawatan alami juga efektif untuk meredakan sakit kepala.

Dikutip dari Health Line, berikut perawatan alami yang efektif untuk mengatasi sakit kepala.

1. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan dalam banyak hal, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala bagi beberapa orang. Menurut The Journal of Head and Face Pain, mereka yang kurang tidur mengalami sakit kepala yang lebih sering dan parah.

Namun, terlalu banyak tidur juga terbukti memicu sakit kepala. Mengatur waktu tidur yang tepat dapat membantu pencegahan sakit kepala secara alami.

2. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial adalah cairan dengan konsentrasi tinggi yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tumbuhan. Sebuah studi European Neurology mengamati menghirup minyak esensial lavender untuk mengobati migrain.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa menghirup minyak esensial lavender merupakan cara yang efektif dan aman untuk meredakan nyeri migrain.

3. Kompres air dingin

Menggunakan kompres dengan air dingin dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala. Kompres air dingin atau es ke leher atau area kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah. Hal ini dapat membantu mengurangi sakit kepala.

4. Minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi, dapat meredakan sakit kepala. Kafein dapat meningkatkan mood, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah, yang dapat memberikan efek positif pada gejala sakit kepala.

5. Minum air putih yang cukup

Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Dehidrasi juga dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan cepat marah. Untuk membantu menghindari sakit kepala akibat dehidrasi, konsumsi makanan dengan kandungan air dan minum air putih yang cukup.



Simak Video "Benarkah Mandi Harus Mulai dari Kaki ke Atas agar Tak Kena Stroke?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)