Rabu, 11 Nov 2020 08:30 WIB

Diklaim 90 Persen Efektif, Ini Efek Samping Vaksin Pfizer yang Dirasakan Relawan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Efek samping vaksin Corona pfizer. (Foto: iStock)
Jakarta -

Satu vaksin virus Corona yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech menunjukkan hasil yang efektif. Berdasarkan hasil uji klinis, vaksin ini terbukti 90 persen efektif dalam mencegah seseorang tertular virus Corona.

Jika vaksin ini nantinya sudah lolos dari semua pemeriksaan keamanan, ini akan mempunyai implikasi yang sangat besar dalam mengatasi virus tersebut.

Tetapi, apakah vaksin itu menimbulkan efek samping?

Berdasarkan pengalaman para sukarelawan yang mendapat suntikan pertama vaksin ini, mereka menjelaskan berbagai efek samping yang dialami. Dari 43.500 relawan, beberapa di antaranya merasakan efek samping seperti sakit kepala dan nyeri otot yang mirip dengan vaksin flu.

Salah satu relawan yang bernama Glenn Deshields (44) asal Austin, Texas, menggambarkan efek samping yang ia rasakan yaitu 'pengar yang parah' dan seperti mabuk. Tetapi, efek samping ini menghilang dengan cepat.

Relawan lainnya, Carrie yang berusia 45 tahun asal Missouri mengatakan dirinya mengalami sakit kepala, nyeri tubuh, hingga demam. Hal ini dirasakan setelah ia mendapat suntikan pertamanya pada September lalu.

"Efek sampingnya tampak meningkat setelah dosis kedua bulan lalu," katanya yang dikutip dari Express UK, Rabu (11/11/2020).

Perlu diketahui, dalam percobaan ini para relawan tidak mengetahui apakah mereka menerima vaksin atau plasebo. Namun, dalam hal ini Carrie yakin jika efek samping yang ia alami terjadi setelah penyuntikan tersebut.



Simak Video "Bos BioNTech Yakin Vaksin Pfizer Bisa Akhiri Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)