Rabu, 11 Nov 2020 17:39 WIB

Turunkan Berat Badan Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Berat badan berlebih hingga obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Sebuah studi di Amerika Serikat dan Eropa menunjukkan obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 7 kali lipat pada pria, dan bahkan hingga 12 kali lipat pada wanita.

Faktanya, sebagian besar diabetesi dengan diabetes tipe 2 mengalami masalah berat badan berlebih. Oleh karena itu, menjaga berat badan menjadi salah satu faktor yang penting. Tak hanya itu, penurunan berat badan pada diabetesi dengan berat badan berlebih dapat membantu kontrol gula darah menjadi lebih baik.

Penurunan berat badan moderat (sekitar 5% dari berat badan awal) pada diabetesi dengan berat badan berlebih dapat memberi efek positif dalam mengontrol gula darah. Berdasarkan data, diabetesi yang berhasil menurunkan berat badannya ternyata lebih mungkin mencapai nilai HbA1c (pengukuran yang dapat mencerminkan kondisi kadar gula darah dalam kurun waktu 3 bulan terakhir) yang ditargetkan.

Selain itu, penurunan berat badan juga bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga jantung tetap sehat, serta dapat memperbaiki kualitas tidur, merasa lebih berenergi, dan memperbaiki suasana hati.

Apa yang bisa dilakukan supaya bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat? Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat yaitu seperti:

  • Memilih makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori.
  • Menghindari asupan gula dan lemak jenuh berlebih. Untuk memudahkan, periksa Nutrition Fact pada kemasan produk yang Anda beli. Pilih yang bebas gula dan lebih rendah lemak. Misalnya Tropicana Slim Low Fat Milk rasa Vanilla yang bebas gula dan rendah lemak, cocok untuk Anda yang ingin diet, menurunkan berat badan.
  • Mengganti cemilan menjadi buah segar ataupun cemilan sehat.
  • Jangan lupa kombinasikan dengan kegiatan lainnya seperti rutin berolahraga agar penurunan berat badan lebih optimal.

Untuk menentukan program penurunan berat badan yang efektif dan aman, apabila dirasa perlu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli kesehatan.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)