Rabu, 11 Nov 2020 16:21 WIB

Pandemi COVID-19, Jaga Diabetesi dari Komplikasi

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita, termasuk bagi diabetesi. Kontrol gula darah penting dilakukan pada masa pandemi ini. Sebab, diabetesi berisiko mengalami gejala dan komplikasi yang lebih parah kalau sampai terinfeksi COVID-19. Hal itu diungkapkan oleh American Diabetes Association.

Apa yang harus dilakukan untuk mengontrol gula darah? International Diabetes Federation menyatakan pola makan sehat merupakan langkah penting dalam penanganan diabetes. Untuk itu, penting bagi diabetesi untuk memilih makanan yang seimbang dan bervariasi agar kadar gula dan kerja sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga, terutama pada masa pandemi.

Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk memilih makanan yang seimbang? Berikut ini beberapa tips dari International Diabetes Federation yang dapat kita ikuti.

Utamakan memilih makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah dan produk bijian utuh. Konsumsi sayuran (terutama sayuran hijau) dan buah sebanyak 2-3 porsi per hari.

Saat di rumah, batasi konsumsi gorengan serta hindari konsumsi makanan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak. Ketika memasak, pilih minyak yang lebih rendah lemak jenuh seperti Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil.

Pilih sumber protein rendah lemak seperti ikan, telur, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan.


Nah selain pola makan sehat, rutin berolahraga juga sangat penting untuk mengontrol gula darah, menjaga kesehatan, dan memperbaiki suasana hati di saat pandemi. Kegiatan sehari-hari seperti membersihkan rumah dan berkebun juga dapat menjadi salah satu alternatif.

Tak lupa, untuk selalu menjaga jarak, rutin mencuci tangan, dan menggunakan masker saat keluar rumah untuk mencegah penularan COVID-19. Hindari juga berbagi makanan dan peralatan lainnya dan menyentuh wajah sebelum mencuci tangan dengan baik.



Simak Video "Hari Diabetes Dunia, WHO Soroti Ketidakmerataan Akses Insulin"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)