Kamis, 12 Nov 2020 19:15 WIB

Alami Kondisi Ini? Hati-hati Gejala Serangan Jantung

Zintan Prihatini - detikHealth
Ilustrasi serangan jantung Ilustrasi sakit jantung. (Foto ilustrasi: Freepik)
Jakarta -

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa dan kapan saja. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat akibat adanya plak atau penyumbatan di pembuluh darah jantung.

Risiko kematian selalu tinggi ketika terjadi serangan jantung. Gejala serangan jantung bisa bervariasi pada setiap orang, tapi yang paling umum adalah nyeri tak tertahankan di area dada.

"Umumnya gejala serangan jantung adalah sakit di bagian dada, sakit di bagian punggung, dan sakit yang berpindah-pindah tempat," kata Spesialis jantung dr Suko Adiarto SpJP(K) PhD dari Divisi Heartology RS Brawijaya Saharjo, Kamis (12/11/2020).

Sakit dada yang menyerang secara tiba-tiba menjadi gejala utama serangan pada jantung. Biasanya, sakit jantung muncul jika robekan pada aorta telah melebar.

Pada skala 1-10, rasa nyeri yang dirasakan saat serangan jantung mendadak berada pada angka sembilan, yang artinya dada akan terasa sangat sakit karena penekanan yang terjadi di aerea itu. Jika area lain seperti ginjal juga tertekan, maka bagian ginjal juga akan merasakan sakit, begitu pula area lainnya.

Dengan mengubah gaya hidup dan mengurangi aktivitas fisik yang berat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Rutin memeriksakan diri dan melakukan medical check up juga salah satu upaya untuk mengurangi risiko serangan jantung



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)