Jumat, 13 Nov 2020 10:49 WIB

Cerita Relawan Vaksin COVID-19 Novavax, Nyaris Tak Rasakan Efek Samping

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Cerita relawan vaksin COVID-19. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Saat ini, beberapa vaksin virus Corona tengah diuji coba pada relawan untuk mengetahui efektivitasnya. Hal ini juga dilakukan pada vaksin Novavax.

Salah satu relawan yang bernama Cammy Heggie (47) menceritakan pengalamannya menjadi salah satu dari 10.000 relawan vaksin Novavax Inc, yaitu NVX-CoV2372. Ini dilakukannya untuk membantu semua orang bisa segera kembali normal secepat mungkin.

"Saya bosan dan saya hanya ingin melakukan sesuatu yang bisa membantu kita semua kembali normal secepat mungkin. Saya muak menunggu sesuatu untuk membantu dan ingin melakukan sesuatu yang positif," ujar Cammy yang dikutip dari Mirror UK, Jumat (13/11/2020).

"Saya merasa lockdown itu sangat sulit. Saya benci fakta bahwa saya tidak bisa melakukan apa yang saya inginkan. Aku rindu kantor," imbuhnya.

Saat Cammy memutuskan untuk menjadi relawan vaksin, keluarganya yang terdiri dari Kirsten istrinya (44), serta anak-anaknya yaitu Gemma (18) dan Samuel (15) khawatir vaksin itu bisa berpengaruh pada kesehatannya. Tetapi, Cammy yakin bahwa vaksin tersebut tidak menimbulkan risiko bagi dirinya maupun keluarganya.

Mendapat dua suntikan vaksin

Vaksin NVX-CoV2372 Novavax ini diberikan dua kali suntikan. Jarak antara suntikan satu dan dua sekitar 21 hari.

Cammy mendapat suntikan pertama pada 27 Oktober dan yang kedua pada 17 November 2020 lalu. Setelah itu, ia akan dipantau selama 35 hari.

Sementara itu, hasil uji coba vaksin Novavax ini diharapkan bisa segera didapatkan pada musim semi 2021, sekitar bulan Maret hingga Juni mendatang.

Selanjutnya
Halaman
1 2