Jumat, 13 Nov 2020 19:27 WIB

Heboh RUU Larangan Minum Alkohol, Kenapa Es Tape Tak Dianggap Miras?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
gin Benarkah es tape mengandung alkohol? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Belakangan heboh soal DPR membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol. Apabila disahkan, ke depannya ada sanksi pidana yang akan menjerat peminum minuman beralkohol.

Jenis alkohol yang dimaksud dalam minuman beralkohol adalah etanol atau C2H5OH, atau dikenal juga sebagai etil alkohol. Jenis ini berbeda dengan alkohol lain seperti pada pembersih luka ataupun pengencer bahan kimia.

Tak hanya minuman, beberapa makanan juga mempunyai kadar alkohol seperti salah satunya tapi, yang bisa juga dibuat minuman jadi es tape. Bagaimana dengan kandungan alkohol dalam es tape?

Pakar adiksi NAPZA dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) menjelaskan tape memang memiliki kandungan alkohol. Namun, umumnya yang dikonsumsi masyarakat kandungan alkoholnya tak melebihi 5 persen.

"Sebenarnya kan tergantung dari proses fermentasinya itu tadi, makin lama difermentasi, kemudian jumlahnya si bahan yang difermentasi tinggi," jelasnya kepada detikcom Jumat (13/11/2020).

"Kalau misalnya tape itu kan kadang-kadang fermentasinya juga tidak terlalu lama, makanya kadar alkoholnya itu juga rendah gitu, sangat rendah," lanjutnya.

Menurut dr Hari, tape bisa memabukkan jika difermentasi dalam waktu lama. Dalam beberapa studi, Hari menyebutkan tape bisa saja difermentasi dalam jangka waktu lama hingga kadar alkohol mencapai 10 persen.

"Kecuali yang memang dia difermentasi dengan waktu yang cukup lama, beberapa studi bisa saja dia kadarnya mencapai 7 persen, 10 persen, itu yang mungkin bisa bikin mabuk," kata dr Hari.

Lebih lanjut, Hari menjelaskan jenis alkohol tertentu juga bisa berpengaruh. Namun, tape yang difermentasi umumnya memakai etanol sehingga tidak memabukkan.

"Iya kalau hasil fermentasi biasanya etanol, sama saja mau dari fermentasi sari buah, anggur, kemudian beras, atau misalnya miras dan sebagainya, iya ini etanol," jelasnya.

Lain halnya bila dalam proses pembuatan tape, terkontaminasi alkohol jenis metanol. Adapula produsen yang dengan sengaja mencampur alkohol-alkohol berbahaya sejenis metanol.

"Nah ini yang harus diperhatikan tentu saja, tapi kalau misalnya dari makanan tape-tape yang dikonsumsi masyarakat, lebih banyak menjadi etanol dengan kadar yang rendah," pungkasnya.

Lalu minuman apa saja yang dikategorikan minol alias miras? Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sanksi Bui 2 Tahun dan Poin Penting di RUU Larangan Minuman Beralkohol"
[Gambas:Video 20detik]