Sabtu, 14 Nov 2020 05:00 WIB

Anak Muntah dan Diare? Ini 10 Obat Rumahan yang Bisa Dicoba

Tim detikHealth - detikHealth
Mother giving her daugther syrup because of the flu and cough, Health care concept Ilustrasi anak sakit (Foto: Istock)
Jakarta -

Diare sangat rentan dialami oleh anak. Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 525.000 anak balita meninggal setiap tahunnya akibat diare. Diare ditandai dengan frekuensi buang air besar yang relatif sering dengan tinja lebih cair.

Jika dibiarkan, diare menyebabkan anak lemas karena kekurangan cairan. Dikutip dari Haibunda, anak yang diare kemungkinan mengalami gastroenteritis. Dengan gejala mual dan muntah yang kemudian diikuti diare dan demam setelah 24 hingga 48 jam.

Untuk mengatasinya, berbagai cara dilakukan salah satunya dengan melakukan pengobatan alami dengan obat rumahan. Dalam laporan Opinion Research Corporation, 20 persen dari 6.000 orang tua yang disurvei tersebut mengatakan tertarik untuk menggunakan obat rumah yang lebih alami.

Berikut 10 obat rumahan yang dapat mengatasi diare untuk anak. Yuk dicek daftarnya.

1. Air jahe

Tak hanya diare, air jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi mual, muntah dan kejang perut pada anak. Menurut penelitian, jahe memiliki efek antidiare yang disebabkan oleh E. coli. Jahe bekerja dengan cara menghalangi zat beracun bakteri yang menyebabkan diare dan mencegah cairan menumpuk di dalam usus. Dengan mengonsumsi air jahe dapat mengatasi kekurangan cairan.

Jahe juga mudah ditemukan pada sehari-hari. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup ambil satu buah jahe dan rebus di air sampai mendidih. Jika sudah mendidih, diamkan beberapa saat lalu masukkan gula atau madu untuk menambah rasa manis.

2. Madu

Dalam kesehatan, madu berperan sebagai antiseptik ringan anak dengan diare. Bunda dapat berikan satu sendok teh madu atau mencampur madu tersebut dengan bahan lain seperti air lemon dan jahe.

3. Pisang

Pisang kaya dengan kandungan kalium dan pektin yang berfungsi menyeimbangkan elektrolit di dalam perut. Hal ini berfungsi untuk menyerap air dari kotoran dan mengeraskannya. Sehingga membantu menyembuhkan diare pada anak.

"Kalium adalah elektrolit yang hilang selama muntah atau diare. Pisang juga mengandung zat tepung dan mengikat, sehingga dapat mengurangi diare," jelas Erin Plinski-Wade RD CDE dikutip dari Everyday Health.

Coba berikan 2-3 pisang untuk mengatasi diare pada anak.

4. Air beras

Menurut penelitian, air beras dapat membantu mengatasi anak muntah akibat gastritis. Dalam hal ini, beras putih adalah jenis beras terbaik untuk dibuat menjadi air beras.
Cara membuatnya cukup mudah. Bunda hanya perlu menyiapkan secangkir beras putih dan dua gelas air. Setelah itu rebus beras setengah matang dan saring sari pati yang tertinggal.

5. Kaldu ayam

Anak yang menderita diare rentan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Untuk itu, kaldu ayam yang dibuat sup bisa menggantikan cairan yang hilang akibat muntah dan diare.

Selanjutnya, baca DI SINI.



Simak Video "Atasi Diare Pertama dengan Buat Cairan Oralit Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)